500 Barung Cilik Adu Kreativitas di Pesta Siaga Kwarran Cilacap Selatan

Ulul AzmieJurnalis:Ulul Azmie
Kwarran
Barung Putra saat beradu kreativitas di Pesta Siaga Kwarran Cilacap Selatan, di Lapangan Krida Bangga Mbangun Desa. (Kwarran Cilacap Selatan).

SERAYUNEWS– Lebih dari 500 barung cilik dari berbagai sekolah perindukan di wilayah Cilacap selatan beradu kreativitas dalam Pesta Siaga Kwartir Ranting (Kwarran) Cilacap Selatan di Lapangan Krida Bangga Mbangun Desa, Kelurahan Sidakaya, Cilacap.

Ketua Kwarran Cilacap Selatan Nining Murniasih menyampaikan, Pesta Siaga Kwarran Cilacap Selatan diikuti sekolah perindukan di wilayah Cilacap Selatan dengan jumlah peserta 556 dari 41 perindukan Sekolah Dasar dari Barung Putra dan Barung Putri.

“Ada 10 taman yang harus diikuti peserta, untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya, nilai barung tertinggi akan keluar sebagai juara. Dalam Pesta Siaga ini akan terpilih 3 peserta tergiat,” ujarnya, Rabu (7/2/2024).

Dalam Pesta Siaga Kwarran Cilacap Selatan ini ada 10 taman (kegiatan) yang harus diikuti seluruh peserta, di antaranya taman ketakwaan tanda pengenal, budaya, seni, kemanusian serta taman lainnya.

Sedangkan untuk tim penilai dari para pembina di sekolah, namun untuk taman seni budaya mengambil tim penilai dari profesional, karena perlu subjektivitas tinggi.

Selaksi ini akan mendapatkan barung terbaik mewakili Kwarran Cilacap Selatan di lomba berikutnya di Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Cilacap.

“Saya berharap anak-anak dapat mengambil pelajaran dan pengalaman berlomba, dan memotivasi bahwa hidup bersaing menjadi terbaik harus belajar dan menguasai semuanya,” ujarnya.

Kwarran Cilacap selatan
Barung Putri saat persiapan adu kreativitas Pesta Siaga Kwarran Cilacap Selatan, di Lapangan Krida Bangga Mbangun Desa. (Kwarran Cilacap Selatan).

Sementara itu, Ketua Mabiran Cilacap Selatan Basuki Priyo Nugroho menambahkan, bahwa kegiatan ini juga menyiapkan generasi yang siap secara mental, spiritual, keterampilan, inovasi dan sebagainya. Sebagai ajang pembinaan mental mempersiapkan generasi emas tahun 2045.

“Anak anak untuk bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam pelaksanaan Pesta Siaga ini, dan tanamkan sebagai peserta terbaik di masing-masing sekolah,” tambahnya.

Pesta Siaga Kwarran Cilacap Selatan akan memilih 6 tim peserta tergiat, dari 3 barung putra dan 3 barung putri. Dan tergiat pertama akan mewakili Kwarran Cilacap Selatan maju ke tingkat Kwarcab Cilacap.