Bangsal Pasca Panen Desa Cingebul Lumbir Diresmikan, Berharap Jadi Sentra Produksi Pisang

Shandi YanuarJurnalis:Shandi Yanuar
Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Husein meresmikan pembangunan Bangsal Pasca Panen Hortikultura di Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Kamis (2/3/2023). (Dok Humas Pemkab Banyumas)

Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Husein meresmikan pembangunan bangsal pasca panen hortikultura, Kamis (2/3/2023). Bangsal pasca panen hortikultura itu ada di Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Dengan adanya bangsal tersebut, harapannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa tersebut dan dapat menjadi sentra produksi buah pisang.


Banyumas, serayunews.com

“Kami berharap masyarakat dapat merawat dan menjaga bangsal ini. Ke depannya juga bisa berkolaborasi dengan Dinakerkop UKM untuk sosialisasi SDM maupun belajar mengenai packaging dan lain-lain,” ujar dia dalam sambutan peresmian bangsal tersebut.

Masih di lokasi yang sama, Camat Lumbir, Susanti Tri Pamuji mengungkapkan bahwa pemerintah pusat memberikan bantuan kepada Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Banyumas mendapatkan bantuan sebagai salah satu kabupaten yang menerima bantuan pembangunan bangsal pasca panen. “Dari 27 kecamatan di Banyumas, tiga kecamatan yang terpilih, yakni Lumbir, Gumelar, dan Sumbang,” kata dia.

Baca juga: [insert page=’bocah-usia-dua-tahun-di-banyumas-dianiaya-neneknya-sendiri-cuma-gara-gara-ini’ display=’link’ inline]

Dengan adanya bangsal di Desa Cingebul tersebut, dia berharap dapat meningkatkan perekonomian serta produktivitas buah pisang yang selama ini menjadi andalan desa tersebut. “Semoga semakin produktif dan ke depannya desa ini bisa menjadi sentra pisang,” ujarnya.

Kades Cingebul, Sugeng Riyadi mengungkapkan selama ini produksi pisang merupakan komoditas utama warga di Desa Cingebul. Dengan adanya bantuan bangsal tersebut, harapannya produksi masyarakat desanya tidak akan terputus. “Mari kita bangun sebuah ekonomi yang membuat maju dan sejahtera bersama,” kata dia.