Ngunduh Mantu dan Pesta Rakyat, Bupati Kebumen Gunakan Dana Pribadi

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menegaskan bahwa ngunduh mantu dan pesta rakyat menggunakan dana pribadinya bukan dari APBD. (Foto: dok Pemkab Kebumen)

SERAYUNEWS – Bupati Kebumen, bakal menggelar acara ngunduh mantu dan pesta rakyat atas pernikahan putranya, Agantha Pratama Sugianto Samalangu dengan Nurul Saraswati.

Acara akbar itu akan di gelar hari ini, Minggu (16/7) dari pagi hingga sore hari. Bupati Kebumen menjelaskan, anggaran yang di gunakannya untuk acara pesta pernikahan putra sulungnya tersebut, dana pribadi.

Sekitar kurang lebih Rp1 Miliar harus di keluarkan. Bupati Arif Sugiyanto juga memastikan, biaya pernikahan putranya tidak menggunakan uang APBD.

Baca juga: Pembangunan Kapal Mendoan di Alun-alun Kebumen Dimulai, Begini Penampakannya

“Anggaran Rp 1 miliar dari dana pribadi untuk pakaian, tarub, konsumsi, sarana prasarana, artis, dan panggung,” kata bupati melalui keterangan tertulis laman Pemkab Kebumen yang di kutip serayunews.com pada Minggu (16/7/2023).

Bupati mengundang 5.751 orang, dalam acara nguduh mantu di Pendopo Kabumian. Sejumlah pejabat yang akan hadir di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Menteri Ketenagakerjaan.

Bupati mengimbau kepada tamu undangan, untuk tidak memberi hadiah, bingkisan, atau sumbangan dalam bentuk apapun.

Rangkaian Acara

Acara ngunduh mantu di mulai pada pukul 9.00-13.00 WIB di area Pendopo Kabumian. Selanjutnya pada pukul 13.30 WIB, berlangsung kirab pengantin mulai dari barat Tugu Walet atau Jalan Soekarno Hatta, Jalan Merdeka, dan finish di Pendopo Kabumian.

Pada acara kirab pengantin, di ramaikan dengan marching band, tari Clepetan, tari lawet, pasukan bregodo, serta kereta kencana. Adapun pesan yang ingin di sampaikan dengan adanya kirab pengantin, bahwa Kebumen memiliki kebudayaan yang khas, sekaligus untuk mempromosikan Geopark Kebumen.

Selanjutnya, ada pesta rakyat dengan makan gratis di depan halaman Setda Kebumen. Di sana akan terdapat berbagai jenis makanan gratis, untuk masyarakat sebanyak 10.000 porsi.

Acara ngunduh mantu dan pesta rakyat, akan di tutup dengan konser musik dangdut New Monata di Alun-alun Kebumen mulai pukul 15.30 WIB.***