Senin, 4 Juli 2022

250 Peserta Ikuti Kemah Pemuda di Goa Lawa Purbalingga, Ini Agendanya

Goa lawa
Lokasi Kemah Pemuda 2022 di Kawasan Wisata Goa Lawa Desa Siwarak Kecamatan Karangreja, Purbalingga. (Joko Santoso)

Sebanyak 250 peserta akan mengikuti kemah bersama di kawasan wisata Goa Lawa Desa Siwarak Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Kegiatan berlangsung mulai Jumat (24/6/2022) hingga Sabtu (25/6/2022).


Purbalingga, serayunews.com

“Acara dalam kemasan Youth Camp 2022. Ini merupakan kegiatan rangkaian Bulan Pancasila tahun 2022. Ada sejumlah agenda dalam acara ini. Termasuk salah satunya Sarasehan Pancasila dan Generasi Muda,” kata Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga Wasis Abadi.

Baca juga  Jual Minyak Goreng di Atas HET, Ini Alasan Pengecer di Purbalingga

Wasis menjelaskan narasumber yang hadir dalam acara tersebut masing-masing Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dan Ketua DPRD HR Bambang Irawan. Kegiatan ini menurutnya juga merupakan salah satu media sosiasasi tentang ideologi Pancasila kepada generasi muda.

“Peserta kemah adalah kelompok organisasi kepemudaan informal dan juga pelajar,” ujarnya.

Selain menjadi wahana sosialisasi tentang ideologi Pancasila kepada generasi muda, acara tersebut juga menjadi sarana pengenalan terhadap obyek wisata di Kabupaten Purbalingga. Oleh karena itu pihaknya memilih lokasi di kawasan Goa Lawa.

“Kawasan ini memiliki panorama eksotik terutama saat malam hari. Harapannya ini juga bisa menjadi wahana promosi pariwisata Purbalingga,” katanya lagi.

Baca juga  Pergi Tanpa Pamit, Kakek Saryono Ditemukan Mengapung di Aliran Sungai Klawing Purbalingga

Kelompok pemuda yang hadir dalam acara tersebut antara lain Kakang Mbekayu, Komunitas Modern Dance, Komunitas Pemusik Jalanan, Komunitas Sepatu Roda dan juga sejumlah kelompok pemuda lainnya.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dalam kesempatan terpisah mengatakan ada berbagai acara dalam Bulan Pancasila di Bulan Juni. Mulai dari perbincangan tentang Pancasila bagi pelajar, bazar UMKM dan juga kemah pemuda.

“Nanti juga akan ada pengajian akbar memperingati Bulan Pancasila,” tandasnya.

Menurutnya sosialisasi mengenai ideologi Pancasila perlu dilakukan dengan berbagai metode. Termasuk melalui acara Youth Campp 2022. Menurutnya pemuda perlu mengimplementasikan ideologi Pancasila terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Terkait

Berita Terkini