Senin, 4 Juli 2022

28 Siswa MI di Cisumur Gandrungmangu Keracunan Susu Kedelai

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Sedikitnya 28 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Cisumur Kecamatan Gandrungmangu keracunan usai mengkonsumsi susu kedelai. Para siswa mengalami mual mual, muntah dan pusing setelah meminum Susu Kedelai yang dibeli dari penjual jajanan di depan sekolahan. Tiga diantaranya harus menjalani perawatan intensif di Puskesmas Gandrungmangu.

Kepala Sekolah MI Ma’arif Cisumur, Solikhin mengatakan, kejadian itu bermula ketika sejumlah siswa membeli susu kedelai dari seorang pedagang keliling. Awalnya, hanya ada beberapa siswa yang terlihat mual mual setelah minum susu kedelai yang dibeli. Bahkan, beberapa siswa mereka mengira bahwa temanya yang mual mual sedang bercanda.

Baca juga  Jelang Liga 2, PSCS Cilacap Tancap Gas

“Saat jam sekolah beberapa siswa membeli jajan Susu Kedelai dari pedagang keliling di depan sekolah. Setelah minum beberapa siswa langsung merasa mual,” jelasnya, Rabu (1/3/2017) siang.

Selang beberapa saat, kata dia, siswa lainnya yang juga meminum susu kedelai mulai merasakan mual mual. Para guru, sempat memberikan pertolongan. Melihat kondisi siswa lainya yang juga merasakan hal yang sama, pihak sekolah kemudian menghubungi Puskesmas Gandrungmangu.

“Kita langsung memberikan pertolongan, kebetulan ada Mantri Kesehatan (Tenaga Medis). Beberapa siswa langsung pulih, sementara tiga lainnya dilarikan ke Puskesmas Gandrungmangu,” ungkapnya.

Baca juga  Hantaman Material Longsor di Wanadri Banjarnegara, Merusak 4 Rumah Warga

Atas kejadian tersebut, pihak sekolah melaporkannya ke perangkat desa kemudian diteruskan ke Mapolsek Gandrungmangu.

“Kita langsung lapor, Kepala Desa juga ikut menangani kejadian itu. Pedagang susu kedelai juga dimintai identitas dan keterangan oleh pihak terkait,” ujarnya.

Persitiwa Keracunan Susu Kedelai juga pernah terjadi pada 2014 lalu. Sebanyak 17 siswa kelas V SD Pagubugan 1 Kecamatan Binangun mengalami keracunan, pada medio September 2014. Para siswa mengalami mual mual, muntah dan pusing setelah meminum Susu Kedelai yang dibeli dari penjual jajanan di depan sekolahan. Dua diantaranya harus menjalani perawatan intensif di Puskesmas Binangun.(adi)

Berita Terkait

Berita Terkini