Kamis, 7 Juli 2022

394 Jemaah Haji Banjarnegara Bertolak ke Donohudan

394 Jemaah Haji Banjarnegara Bertolak ke Donohudan

Setelah dua tahun tidak ada pemberangkatan jemaah haji, tahun ini Banjarnegara memberangkatkan 394 jemaah haji. Jumlah tersebut, terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) 31 dan 32. Secara resmi pelepasan dua kloter jemaah haji asal Banjarnegara pada, Jumat (24/6/2022).


Banjarnegara, Serayunews.com

Keberangkatan jemaah haji kloter 31 asal Banjarnegara pada Jumat dini hari. Sedangkan, untuk kloter 32 pemberangkatan dari Pendapa Dipayudha Banjarnegara sekitar pukul 13.30 WIB.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Indarto mengatakan, tahun 2022 ini, jemaah haji asal Banjarnegara sebanyak 394 jemaah. Perinciannya 133 jemaah tergabung dalam kloter 31 dan sisanya 261 tergabung dalam kloter 32.

Baca juga  Tanggal Lebaran Haji Berbeda, Salat Iduladha Bakal Dilaksanakan Dua Kali di Alun-alun Purbalingga

“Jaga kesehatan, niat dan ikhlas dalam melaksanakan ibadah haji, semata-mata hanya kepada Allah SWT. Harapannya juga mampu bertindak sebagai duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat islam dari seluruh dunia,” ujar Sekretaris daerah, Indarto, saat melepas jemaah.

Keberangkatan jamaah calhaj ini, kata Sekda, merupakan awal dari rangkaian haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib bagi yang mampu melaksanakannya baik segi ekonomi dan kesehatan. Selain itu juga harus memenuhi persyaratan baik syarat dalam ketentuan syariat maupun ketentuan pemerintah.

Baca juga  Antisipasi Penyebaran PMK, Polres Cilacap Gelar Operasi Aman Nusa II

Indarto mengatakan, pemerintah daerah membantu transportasi dan akomodasi jamaah haji mulai keberangkatan dari Banjarnegara sampai ke asrama haji Donohudan Solo, begitu pun nanti sebaliknya.

Hal ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan pelayanan Pemkab Kabupaten Banjarnegara, kepada masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji sehingga mereka dapat menjalankan ibadah dengan nyaman.

“Ibadah haji yang saudara laksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, daerah bangsa dan negara,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini