Sabtu, 18 September 2021

Apa Itu Creative Agency? Pekerjaan yang Saat Ini Digandrungi Anak Muda, Termasuk di Cilacap

Suasana kegiatan creavit agency Creafo Cilacap. (Irfan Miftah ramadhan)

Creative agency atau agen periklanan adalah sebuah aktivitas bisnis jasa yang bertujuan membuat, merancang, dan menangani periklanan atau dalam bentuk promosi lain untuk kliennya. Sebuah agen periklanan juga biasanya diberi kebebasan dari kliennya untuk memberikan sudut pandang luar, dalam upaya menjual produk atau jasa klien tersebut, yang biasanya juga dilakukan di iklim digital.


Cilacap, serayunews.com

Aulia Pradipta salah satu founder creative agency yang ada di Cilacap yakni Creafo mengatakan, suatu creative agency dapat menangani keseluruhan strategi pemasaran dan merek serta promosi penjualan termasuk rebranding. Klien agen periklanan umumnya merupakan bidang bisnis, korporasi, organisasi nirlaba, dan badan pemerintah.

“Agen-agen ini bisa pula disewa untuk membuat suatu kampanye periklanan. Dalam bentuk konten yang meliputi foto produk, video ataupun segala sesuatu yang dibutuhkan,” katanya kepada serayunews.com, Sabtu (10/7/2021).

Ia menjelaskan, creative agency yang baik adalah yang ahli dalam branding dan pemasaran serta desain produk, yang dimaksudkan agar menarik, memikat, dan persuasif secara visual. Selain itu, terus memikirkan konten kreatif yang akan digunakan dalam proses marketing.

“Selain creative agency ada juga pekerjaan sejenis namun lebih luas jangkauan kerjasamanya, yaitu digital marketing. Perbedaannya yakni pada pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan bersama klien secara lebih mendetail,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Dipta ini mengungkapkan, biasanya jasa digital marketing memberikan layanan lebih strategis untuk pemasaran di jalur digital. Bahkan lebih lengkap dan terintegrasi kepada klien, seperti merumuskan strategi dan anggaran biaya digital marketing secara komprehensif untuk mencapai tujuan bisnis kliennya.

Termasuk branding di search engine, serta pemasaran terarah di sosial media dan pemasaran melalui e-mail. Ditambah manajemen iklan online secara ter-target, bahkan pembuatan website yang memenuhi syarat untuk pemasaran digital juga dilakukan. Serta dibarengi dengan pengukuran dan analisa, serta memberikan saran.

“Untuk di Cilacap sendiri saat ini sudah banyak anak muda yang memilih berkarya di jalur-jalur digital. Bahkan di Cilacap juga terdapat perusahaan digital marketing besar, hingga jasa foto produk sudah banyak dilakukan oleh anak muda sekarang,” jelasnya.

Ia menambahkan, ketertarikan anak muda untuk menjajal peruntungan di iklim digital ini, lantaran dalam aktivitas kesehariaanya sangat tergantung pada teknologi yang ada. Selain itu juga penghasilan yang menggiurkan jika berhasil mengembangkan usaha di ranah digital.

“Apalagi dengan adanya pandemi memaksa kita untuk lebih akrab lagi dengan teknologi. Namun semoga saja ini menjadi tren yang baik dan sebagai bukti perkembangan kota bercahaya yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Baca juga Ayo Ikut Donasi Oksigen bagi Pasien Covid-19 di Cilacap, Ini Linknya

Berita Terkait

Berita Terkini