Senin, 30 Januari 2023

Argentina Menang, Arab Saudi Terjepit

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

Argentina mampu mengalahkan Meksiko 2-0 di ajang Piala Dunia grup C Minggu (27/11/2022) dinihari WIB. Kemenangan Argentina membuat situasi Arab Saudi terjepit. Butuh kerja keras dari Arab Saudi untuk lolos dari grup C menuju babak gugur.

Arab Saudi sejatinya hanya butuh memenangkan laga melawan Polandia agar lolos ke babak 16 besar.  Alih-alih menang, Arab Saudi malah kalah 0-2 dari Polandia, Sabtu (26/11/2022). Di sisi lain Argentina membuka asa lolos ke babak gugur usai mengalahkan Meksiko 2-0.

Dua laga di grup C itu membuat situasi klasemen berubah. Polandia ada di puncak klasemen sementara dengan empat poin dari dua laga. Argentina ada di posisi dua dengan tiga poin dari dua laga. Arab Saudi ada di posisi tiga dengan tiga poin dari dua laga. Meksiko ada di posisi empat dengan satu poin dari dua laga.

Laga terakhir di grup C adalah Argentina melawan Polandia dan Meksiko melawan Arab Saudi. Dua pertandingan itu akan berlangsung bersamaan pada Kamis (1/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Untuk bisa lolos ke babak gugur, paling aman bagi Arab Saudi adalah mengalahkan Meksiko. Namun, tentu bukan pekerjaan mudah mengalahkan Meksiko. Meksiko bermain dengan pressing tinggi dan pantang menyerah. Meksiko juga berhasrat lolos ke babak gugur.

Jika Arab hanya bermain seri melawan Meksiko, maka akan riskan. Sebab jika di laga lain Argentina mengalahkan Polandia, maka nilai Arab Saudi dan Polandia akan sama-sama empat poin. Selisih gol Arab Saudi bisa lebih buruk dari Polandia.

Jika kalah dari Meksiko, maka Arab Saudi dipastikan gagal lolos ke  babak gugur. Maka, situasi saat ini memang membuat Arab Saudi terjepit. Mereka harus berjuang mengalahkan Meksiko, padahal di sisi lain Meksiko juga masih memiliki kesempatan lolos ke babak gugur. Arab Saudi melepas kesempatan lolos lebih cepat karena kalah 0-2 dari Polandia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini