Selasa, 24 Mei 2022

Bangkitkan Kejayaan Batu Akik Purbalingga, Klawing Gems Competition 2022 Digelar

Komunitas Klawing bersatu bersama Dinporapar dan Dinkop UKM serta TIC Purbalingga melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan Klawing Gems Competition, Rabu (11/6/2022). (Joko Santoso)

Komunitas Klawing Bersatu bekerjasama dengan Pemkab Purbalingga akan menyelenggarakan Klawing Gems Competition 2022. Kegiatan itu dilaksanakan untk membangkitkan kembali kejayaan batu akik Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

“Kami akan menggelar kontes batu berskala nasional, bursa batu akik klawing dan sarasehan perbatuan. Acara tersebut diharapkkan bisa mengangkat kembali Batu Akik Purbalingga secara bisnis dan kesejarahannya juga potensi wisatanya,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga Gunanto Eko Saputro, Rabu (11/04).

Baca juga  Jelang Lebaran, Puan Bagikan 10 Ton Beras untuk Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen

Rencananya perhelatan itu akan diselenggarakan di Sanggaluri Park pada 19-22 Mei 202. Penyelenggaraan event itu didukung oleh Perumda Owabong, Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) dan Tourism Information Center (TIC) juga stakeholder terkait. Selain acara perbatuan, juga akan diselenggarakan bazar UMKM yang dikoordinir oleh DinkopUKM.

“Kami juga dilibatkan. Nantinya produk UKMK akan dipasarkan di sini,” ujar Plt Sekdin Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Purbalingga Adi Purwanto.

Sementara itu perwakilan komunitas Klawing Bersatu Anton Wijaya menyatakan kontes batu akik akan diikuti oleh peserta dari luar daerah. Ada 165 kelas kontes batu akik yang akan dipertandingkan. Menurutnya, komunitas akik sampai sekarang masih aktif dengan anggota sampai 250 orang.

Baca juga  Catat, Objek Wisata di Purbalingga Siap Sambut Pengunjung di Liburan Lebaran

“Kami berharap event ini akan mengembalikan kejayaan batu klawing Purbalingga,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini