Jumat, 9 Desember 2022

Banjarnegara dan Pati Jadi Jawara di Turnamen Basket Red White Nation Cup Cilacap

Partai final turnamen basket ‘Red White Nation Cup’ kategori putri antara Tim Basket Putri SMK N 2 Bawang, Banjarnegara melawan Tim Basket Putri Tamsis Banjarnegara, di Lapangan Basket Slamet Riyadi komplek Eks Batalyon Cilacap, Sabtu (29/10/2022). (Irfan/Serayunews)

Turnamen basket antar Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat se-Jawa Tengah ‘Red White Nation Cup’, telah usai. Tim Basket Putri SMK N 2 Bawang Banjarnegara dan Tim Basket Putra SMK Bhina Tunas Bhakti (BTB) Juwana Pati, keluar sebagai jawaranya.


Cilacap, serayunews.com

Turnamen eksibisi tersebut berlangsung di Lapangan Basket Slamet Riyadi kompleks Eks Batalyon Cilacap, sejak Senin, 24 Oktober hingga Sabtu, 29 Oktober 2022. Turnamen tersebut, terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori putra dan putri.

Penyelenggara Red White Nation Cup, Teguh Purnomo mengatakan, ada 20 tim yang mengikuti turnamen tersebut. Untuk kategori putri sebanyak 8 tim dan kategori putra sebanyak 12 tim. Pada turnamen kategori putri, Tim Basket Putri SMK N 2 Bawang, Banjarnegara berhasil menjadi juara setelah mampu menumbangkan Tim Basket Putri Taman Siswa (Tamsis) Banjarnegara di partai final.

“Untuk kategori putra yang berhasil menjadi juara, yakni Tim Putra SMK Bhina Tunas Bhakti (BTB) Juwana, Pati setelah mengalahkan Tim Putra SMK N 2 Bawang, Banjarnegara,” katanya kepada serayunews.com, Sabtu (29/10/2022).

Ia menjelaskan, tim yang berhasil memperoleh juara dapat uang pembinaan sebesar Rp8 juta untuk juara 1, Rp6 juta untuk juara 2, Rp4 juta untuk juara 3, dan Rp2 juta untuk juara 4. Selain itu, top player dan top scorer juga mendapatkan uang pembinaan serta sertifikat. Menurutnya, turnamen basket ‘Red White Nation Cup’ rencananya akan berlangsung rutin setiap tahunnya.

“Untuk tahun depan rencananya juga akan ada kategori SMP, kalau saat ini kan hanya SMA/sederajat. Dengan begitu potensi para atlet basket muda bisa lebih terlihat lagi,” ujarnya.

Selain dalam rangka pembinaan usia muda, kata dia, turnamen ini juga untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Cilacap. Dalam even tersebut juga menggandeng puluhan pelaku UMKM untuk ikut berpartisipasi, dengan menawarkan produknya kepada para pengunjung yang datang.

“Istilahnya paket komplet, sembari pembinaan olahraga basket, promosi wisata dan dari sisi ekonomi juga itu terbantu. Semoga di tahun berikutnya, bisa lebih meriah lagi,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini