Jumat, 12 Agustus 2022

Banyak Perajin Logam, Pemkab Kembangkan Potensi Produksi Motor Listrik Rakitan Purbalingga

Dinperindag bersama Bappelitbangda dan perwakilan IKM Logam Purbalingga melakukan kunjungan lapangan ke PT.Rainbow Mitra Bangsa Kota Sukabumi Jawa Barat pada Kamis-Jumat, 21-22 Juli 2022. Foto Amin

Banyaknya perajin logam yang selama ini memproduksi knalpot, membuat Pemkab Purbalingga terus mendorong pengembangan potensinya memproduksi motor listrik rakitan. Untuk menjajaki kemungkinan tersebut, belum lama ini Dinperindag bersama Bappelitbangda dan perwakilan IKM Logam Purbalingga, melakukan kunjungan lapangan ke PT Rainbow Mitra Bangsa Kota Sukabumi Jawa Barat.


Purbalingga, serayunews.com 

Keberadaan motor listrik di tanah air semakin berkembang. Buktinya dengan banyaknya pabrikan yang mulai menyuguhkan beragam model sepeda motor listrik. Alasan ramah lingkungan, menjadi poin dalam kampanyenya.

Baca juga  Purbalingga Lirik Potensi Tanaman Bonsai untuk Meningkatkan Perekonomian 

Menyikapi fenomena itu, Purbalingga yang sudah populer sebagai daerah perajin logam pun ingin turut berperan. Kepala Dinperindag Purbalingga, Johan Arifin mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari audiensi tim Rainbow Mitra Bangsa dengan bupati Purbalingga, beberapa waktu lalu.

Mereka berkeinginan menjalin kerjasama pengembangan sepeda motor listrik di Kabupaten Purbalingga. Caranya, dengan memberdayakan IKM-IKM Logam khususnya IKM Knalpot Purbalingga.

“Melihat langsung di lapangan, PT RMB saat ini memang sedang mengerjakan konstruksi motor listrik. Tidak hanya itu, mereka juga banyak mengerjakan produk-produk sepeda motor custom atau modifikasi dengan pangsa pasar hingga mancanegara,” kata Johan, Jumat (22/07/2022).

Baca juga  Pelaku Wisata di Purbalingga Bakal Terima Kucuran Dana Ratusan Juta Rupiah dari Pemkab, Ini Peruntukannya

Hasil kunjungan itu, ada beberapa peluang yang bisa menjadi potensi kerjasama. Mulai dari pembuatan knalpot, atau pembuatan suku cadang, bahkan bisa sampai perakitan.

“Beberapa peluang usaha yang bisa menjadi ajang kerja sama dalam waktu dekat antara lain pasokan kebutuhan suku cadang motor listrik dan custom, juga perakitan produk motor listrik oleh IKM Purbalingga, “katanya.

Johan berharap, jangka panjang IKM Purbalingga secara bertahap akan mampu memproduksi sepeda motor listrik made in Purbalingga. Apalagi banyak IKM di Purbalingga yang memproduksi komponen.

“Setelah ini akan kita rumuskan bersama langkah-langkah konkret bersama IKM dan OPD terkait. Hal itu untuk menjawab peluang dan tantangan bagi IKM Logam Purbalingga memasuki era sepeda motor listrik,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini