Kamis, 2 Desember 2021

Beberapa Tempat di Cilacap Ini Potensial untuk Wisata Selancar, PSOI Memberi Sejumlah Masukan

Seorang atlet sedang berselancar. (dok PSOI Jateng)

Cilacap dikenal sebagai wilayah yang dianugerahi berbagai keindahan alam, mulai dari pegunungan, dataran rendah, garis pantai yang luas, bahkan deretan kepulauan pun ada di bumi wijayakusuma ini. Namun ada satu potensi pariwisata yang dapat dibilang belum sempat digarap, yakni wisata selancar.


Cilacap, serayunews.com

Meski selancar tergolong sebagai olahraga, namun juga dapat berpotensi mendatangkan banyak wisatawan. Apalagi tren berselancar saat ini mulai menggema baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Jawa Tengah Khairudin mengatakan, sejumlah pantai di Cilacap yang memiliki potensi untuk dijadikan wisata selancar meliputi, Pantai Kemiren, Lengkong, Karang Kandri atau Rawa Jarit, Sodong atau Srandil serta Pantai Widarapayung.

“Di wilayah kota kita punya Pantai Kemiren ke Timur sampai sebelum PLTU, itu bagus untuk selancar. Atau yang paling ideal justru di Widarapayung, Cilacap punya potensi sangat bagus untuk wisata selancar sebenarnya,” katanya kepada serayunews.com, Senin (25/10/2021).

Selain dapat mendatangkan para pegiat selancar dari berbagai penjuru wilayah, lanjutnya, dengan adanya wisata selancar juga dapat mendatangkan para wisatawan yang ingin melihat atau menjajal pengalaman baru dengan berlatih selancar. Karena olahraga selancar memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

“Kalau ada selancar kan banyak orang datang, mungkin penasaran ingin lihat, atau ingin belajar sekalian. Yang jelas ekonomi masyarakat sekitar akan tumbuh, karena banyak wisatawan dan yang mengelola bisa pokdarwis atau desa wisata,” tuturnya.

Khairudin juga menyarankan, untuk menggenjot wisata selancar, ada baiknya dimulai dengan berbagai even kejuaraan selancar tingkat nasional. Agar masyarakat umum mengetahui bahwa ada tempat baru yang asyik untuk berselancar, setelahnya barulah penataan pantai dan elemen pendukung lainnya.

“Pantainya dipercantik, mungkin sekalian ada jogging track, pedagang dirapikan dibuat senyaman mungkin untuk wisatawan. Sangat disayangkan kalau tidak dikembangkan, karena Cilacap punya potensi yang bagus,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini