Sabtu, 29 Januari 2022

Begini Penampakan Masjid Megah Al Qudwah Kampung Laut Bantuan Pertamina Cilacap

Sebuah masjid nampak berdiri megah di lintasan perairan Segara Anakan tepatnya di Desa Klaces, RT 7 RW 01 Kecamatan Kampung Laut, Cilacap. Kubah besar berwarna kuning emas terlihat menonjol dari kejauhan sebagai penanda keberadaan rumah ibadah umat Islam tersebut.


Kampung laut, Serayunews.com
Masjid yang sudah lama didambakan masyarakat Kampung Laut ini merupakan bantuan dari PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap bersumber dari infaq dan wakaf tunai para perwira Pertamina melalui Baituzakkah Pertamina (Bazma) & Badan Dakwah Islam (BDI). Masjid bernama Al Qudwah ini diresmikan penggunaan oleh General Manager (GM) Refinery Unit (RU) IV PT KPI, Eko Sunarno, Senin (27/12/2021).
Dalam kesempatan itu didampingi Camat Kampung Laut, Heru Kurniawan, jajaran Forkopimcam setempat, pejabat Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Kepala Desa Klaces, tokoh agama serta masyarakat sekitar. Dihadiri pula oleh pengurus Persatuan Wanita Patra (PWP), Bazma dan BDI.
Dalam laporannya Ketua Bazma RU IV Cilacap, Ahmad Din Sormin menjelaskan pembangunan Masjid diawali peletakan batu pertama pada 5 November 2020 oleh GM RU IV saat itu, Joko Pranoto. “Masjid dibangun di atas tanah wakaf warga seluas 2.800 meter persegi dengan luas bangunan 10 x 10 meter persegi. Karena masih dalam masa pandemi maka peletakan batu pertama dilakukan secara online dan offline. Alhamdulillah selesai dikerjakan dalam waktu 14 bulan,” ungkapnya.
Sedangkan nama Al Qudwah, imbuhnya dikutip dari nama majelis pengajian Manajemen dan Section Head di RU IV. “Al Qudwah artinya panutan atau suri tauladan. Diharapkan masjid ini menjadi kiblat bagi umat muslim untuk meningkatkan ibadah sekaligus sarana bagi para musafir untuk singgah melakukan ibadah di tengah perjalanan,” ujarnya.
Camat Heru Kurniawan menyampaikan apresiasi atas bantuan fasilitas ibadah dari Pertamina tersebut. “Kami berharap dengan adanya masjid ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Kampung Laut dan warga dihimbau mampu memakmurkan masjid dengan kegiatan keagamaan,” katanya.
GM Eko mengatakan dengan peresmian ini diharapkan menjadi tambahan semangat dan motivasi untuk syiar Islam sehingga membawa nama baik Kecamatan Kampung Laut. Selain itu masjid ini dapat dijadikan sentra belajar terutama untuk anak- anak agar tidak kecanduan gawai. “Kami juga mohon didoakan agar kilang Pertamina dan seluruh elemen di dalamnya dapat menjalankan amanah sehingga perusahaan bisa berkembang lebih baik dan terus berkontribusi bagi masyarakat,” harapnya.
Peresmian ditandai pembukaan selubung prasasti masjid Al Qudwah, pemotongan pita dan peninjauan area masjid. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan sarana perlengkapan masjid dan kitab suci Al Qur’an.

Berita Terkait

Berita Terkini