Minggu, 27 November 2022

Berpotensi Longsor, Warga di Sekitar Eks Tambang Pasir Karangrau Banyumas Diungsikan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho, saat mendatangi warga yang terancam tanah longsor eks galian pasir di Desa Karangrau RT 03 RW 03, Kecamatan Banyumas, Kamis (10/11/2022). (Dok BPBD Kabupaten Banyumas)

BPBD Kabupaten Banyumas, terpaksa mengungsikan sejumlah warga yang rumahnya berpotensi terdampak tanah longsor bekas galian tanah pasir di Desa Karangrau RT 03 RW 03, Kecamatan Banyumas, Kamis (10/11/2022). Hal tersebut untuk meminimalisir korban jiwa karena adanya potensi terjadi tanah longsor di eks tambang tersebut.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho menjelaskan, sesuai petunjuk Bupati Banyumas, Achmad Husein, ada tiga KK yang menghuni tiga rumah di bibir tebing eks galian tersebut.

“Sesuai petunjuk pak Bupati bagaimana mengamankan jiwa masyarakat, sehingga kita putuskan untuk kita ungsikan,” kata dia.

Hal tersebut juga harus segera dilakukan, mengingat curah hujan di wilayah Kabupaten Banyumas masih cukup tinggi. Proses pengerjaan talut penahan tebing, masih belum selesai. Sehingga pihaknya mencarikan kontrakan yang masih berada di desa tersebut, untuk menjadi tempat tinggal sementara mereka.

“Kita sudah sampaikan dan jelaskan kepada mereka terkait kemungkinan berisiko longsor,” ujarnya.

Selain mengungsikan tiga KK tersebut, BPBD sebelumnya juga menyerahkan bantuan sembako untuk membantu meringankan beban mereka.

Berita Terpopuler

Berita Terkini