Kamis, 7 Juli 2022

Besok, Kocok Ulang Alat Kelengkapan DPRD Purbalingga Ditetapkan di Rapat Paripurna

Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan. (Joko)

Tahapan kocok ulang pimpinan dan anggota alat kelengkapan di DPRD Purbalingga akhirnya tuntas. Rencananya, Jumat (25/3/2022) akan digelar rapat paripurna dengan agenda penetapan pimpinan dan anggota alat kelengkapan dewan tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

“Ini bagian dari dinamika dan juga penyegaran. Kami memang akan melaksanakan kocok ulang alat kelengkapan dewan. Pembahasan sudah dilaksanakan. Tinggal penetapan di rapat paripurna,” kata Ketua DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan, ketika dikonfirmasi serayunews.com, Kamis (24/3/2022).

Dia menyampaikan penetapa akan digelar dalam rapat paripurna internal yang dihadiri pimpinan dan anggota DPRD. Bambang Irawan menyampaikan dengan komposisi alat kelengkapan dewan yang baru diharapkan kinerja lembaganya akan lebih optimal.

Baca juga  245 Calon Haji Kabupaten Purbalingga Jalani Tes PCR, Begini Hasilnya

“Kami masih punya sekitar 2,5 tahun sebelum masa jabatan berakhir. Oleh karena itu kinerja legislasi harus dioptimalkan. Salah satunya dengan kocok ulang alat kelengkapan,” ujarnya.

Alat kelengkapan DPRD Purbalingga masing-masing adalah komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan, komisi II yang membidangi Perekonomian, komisi III yang membidangi kesejahteraan dan kesehatan dan komisi IV yang membidangi pembangunan. Selain itu masih ada Badan Kehormatan dan Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Mengenai komposisi pimpinan dan anggota alat kelengkapan dewan kita buat proporsional sesuai komposisi kursi masing-masing fraksi,” tuturnya.

Baca juga  Ini Kendala Terbesar Petani Ikan di Purbalingga

Sebelumnya Komposisi pimpinan dan keanggotaan AKD ditetapkan dalam Peraturan DPRD Kabupaten Purbalingga Nomor 17 Tahun 2019. Perinciannya Komisi I yang membidangi hukum dan Pemerintahan ketua dijabat oleh Widodo (Fraksi Partai Golkar/FPG), Wakil Ketua dijabat oleh Hamid (F PKB) dan Sekretaris dijabat Karsono (Fraksi Gerindra).

Selanjutnya Komisi II yang membidangi Perekonomian ketua dijabat oleh Puput Adi Purnomo (F PKB), Karseno (FPDIP) sebagai Wakil Ketua dan Triyanto (FPG) sebagai sekretaris. Komisi III yang membidangi Kesejahteraan dan Kesehatan ketua dijabat oleh Mimbarudin (FPDIP), Ardhi Irdianto (FPG) sebagai Wakil Ketua dan Yuniarti (Fraksi Gerindra) sebagai Sektretaris.

Baca juga  Pemprov Jateng Distribusikan Vaksin PMK

Komisi IV yang membidangi Pembangunan, ketua dijabat oleh Wahyono (F Gerindra), Sunarko (FPD) sebagai Wakil Ketua dan Imawan Taqiqudin (FPDIP) sebagai Sektretaris. Kemudian Bapem Perda jabatan ketua oleh Cahyo Susilo ( FPKS) dan Tongat (FPDIP) sebagai Wakil Ketua.

Badan Kehormatan komposisinya Musofan (FAN) sebagai ketua, dan Ma’aruf Rido (FPKB) sebagai wakil ketua. Terkait kocok ulang alat kelengkapan, Bambang Irawan mengharapkan agar anggota DPRD yang berasal dari lintas partai bisa bekerja sama.

“Walaupun kita berasal dari latar belakang dan partai politik yang berbeda, tapi perbedaan itu janga menjadi kendala dalam bekerja sama,” harapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini