Senin, 4 Juli 2022

Boncengin Anak Tanpa Helm, Ini Yang dilakukan Polisi Cilacap

CILACAP,SERAYUNEWS.COM – Pagi tadi, puluhan polisi dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilacap sudah berjejer di samping jalan Pos Polisi Terminal Cilacap. Dari kejauhan para polisi itu seperti akan menggelar razia.

Namun, beberapa polisi lain justru memegang balon dan sejumlah bingkisan. Sejumlah anak kecil berpakaian polisi juga berada di lokasi. Para pengendara motor yang memboncengkan anak tanpa mengenakan helm tiba tiba dihentikan. Biasanya, polisi yang menghentikan kendaraan akan menanyakan surat kelengkapan kendaraan. Tetapi kali ini, polisi justru memberikan helm anak secara cuma cuma.

Baca juga  Ribut Laga Futsal di Purwokerto, Polisi Amankan 41 Orang

Ini merupakan kegiatan Simpatik kepada pengendara sepeda motor dalam rangka kegiatan preemtif dan preventif Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018. Kegiatan melibatkan seluruh personil lalu lintas, Polwan Polres Cilacap dan Polisi Kecil dari TK Bhayangkri Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasatlantas AKP Akhmad Nur mengatakan, sasaran kegitan adalah anak anak atau pelajar termasuk anak dibahwa umur yang mengendarai kendaraan bermotor. Pemberian helm tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadara kepada anak dan orang tua akan keselamtan dalam berkendaraan dijalan raya.

Baca juga  Nahas! Tak Pakai Helm, Gadis Belia di Purbalingga Meninggal Dunia Kecelakaan

“Kami berikan helm secara cuma cuma kepada anak sekolah yang tidak memakai helm saat diantar oleh orang tuanya,” jelasnya.

Dikatakannya, terkait dengan operasi simpatik yang digelar selama 21 hari sejak 5 sampai 26 Maret 2018, bertujuan menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendan dengan lebih menekankan kesadaran untuk tertib dalam berlalulintas. Prioritas dalam pelaksanaan kegiatan operasi keselamatan kali ini adalah 60 persen preventif, 20 persen preemtif sedangkan 20 persen bersifat represif.

“Harapannya dengan dilaksankan kegiatan ini kedepanya tidak ada pelangaran pelanggaran lalu lintas sehingga dapat menurunkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini