Rabu, 20 Oktober 2021

Cikakak Masuk 50 Desa Wisata Terbaik, Langsung Dicek Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendatangi Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (13/10/2021). (Shandi)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendatangi Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (13/10/2021). Dalam kedatangannya, Sandiaga ingin melihat Desa Cikakak yang merupakan binaan kementerian dan telah berhasil masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia.


Purwokerto, serayunews.com

Banyak warga yang antusias dengan kedatangan Sandiaga Uno. Banyak masyarakat yang telah memadati jalan Desa Cikakak, terutama ke arah Masjid Saka Tinggal. Kemudian, saat Sandi datang disambut oleh ratusan masyarakat. Dalam kedatangannya Sandi juga melihat produksi UMKM di wilayah tersebut. Kemudian Sandi memastikan bahwa Desa tersebut benar-benar layak masuk ke 50 besar desa wisata terbaik.

“Ini juga sebagai apresiasi kami kepada Bupati atas pengendalian Covid. Sehingga ke depannya wisata bisa segera dibuka kembali. Karena satu tahun lebih tidak ada kunjungan wisata, kami sangat prihatin. Ini juga kunjungan pertama kami ke sini. Untuk memastikan tim penilai kemarin, sudah sesuai tidak dengan penilaian mereka, hingga di sini masuk ke 50 besar desa wisata terbaik,” katanya.

Saat peninjauan ke desa tersebut, Sandi mengaku cukup senang. Karena bisa menyaksikan salah satu masjid tertua di Indonesia yakni Masjid Saka Tunggal. Kemudian juga menyaksikan produk UMKM serta adat di desa tersebut yang begitu baik dalam pengelolaannya.

 “Kami harap ke depannya ada produk-produk UMKM yang bisa dikembangkan lagi. Seperti souvenir, batik juga bisa. Sehingga ini juga membuka lapangan kerja kepada ibu-ibu sekitar, ” Ujarnya.

Sementara itu menurut Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Wakhyono pada dasarnya Desa Cikakak memang layak masuk ke 50 besar desa wisata terbaik.

“Dari 1.831 desa wisata yang dinilai diseleksi, semua yang masuk 50 besar diapresiasi oleh pak menteri,” ujar dia.

Dia mengatakan, dengan terpilihnya Desa Cikakak masuk dalam 50 Desa wisata terbaik, dapat memotivasi desa wisata lain untuk berkembang lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini