Rabu, 20 Oktober 2021

Cilacap Dapat tambahan 252 Ribu Dosis Vaksin, Bupati: Lansia Diprioritaskan

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. (Irfan)

Sebanyak 252 ribu dosis vaksin jenis Pfizer dan AztraZeneca akan disuntikkan kepada masyarakat Kabupaten Cilacap. Kelompok lansialah yang akan menjadi prioritas dalam agenda tersebut. Hal itu disampaikan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.


Cilacap, serayunews.com

“Kami sudah menerima tambahan 30 ribu dosis vaksin AztraZeneca dan 222 ribu dosis vaksin Pfizer. Jadi totalnya 252 ribu dosis vaksin. Sudah mulai disistribusikan, prioritasnya lansia,” kata Bupati kepada serayunews.com, Rabu (13/10/2021).

Ia menjelaskan, alasan kelompok lansia dijadikan prioritas karena sudah cukup banyak lansia yang meninggal akibat terpapar Covid-19. Selain itu, penyaluran vaksin ini juga untuk membentuk herd immunity di masyarakat. Serta agar Cilacap segera dapat berkategori zona hijau, apalagi berbagai aktivitas masyarakat pun mulai berjalan, terutama kegiatan sekolah tatap muka.

“Kita butuh 3 juta dosis vaksin untuk satu kabupaten ini, namun saat ini baru terdistribusi 898.446 dosis atau baru 29 persen. Target kita di akhir tahun mencapai 1 juta dosis,” tuturnya.

Meski begitu, kata Bupati, namun pihaknya bersyukur dengan berkurangnya jumlah kasus Covid-19 di Cilacap. Bahkan saat ini hanya ada 4 pasien Covid-19 yang dirawat instensif di rumah sakit. Sedangkan 93 pasien lain yang didominasi pasien tanpa gejala itu, menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Trennya sudah baik, masyarakat juga tergolong patuh. Semoga saja tidak ada lonjakan lagi, namun saya mengimbau jangan lengah. Serta yang belum vaksin agar segera ikut vaksinasi,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini