Kamis, 1 Desember 2022

Dandim 0704: TNI Harus Hadir Saat Rakyat Membutuhkan

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal melakukan tinjauan pada lokasi bencana di Desa Gumingsir, Kecamatan Pagentan.

Pergerakan tanah di sejumlah lokasi di Banjarnegara masih terjadi. Sebagai bentuk dukungan, Komandan Kodim 0704 Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal melakukan tinjauan pada lokasi bencana di Desa Gumingsir, Kecamatan Pagentan.


Banjarnegara, Serayunews.com

Dalam tinjauannya itu, Dandim meminta seluruh jajaran TNI Kodim 0704 Banjarnegara untuk hadir dan terjun langsung membantu masyarakat yang membutuhkan.

“TNI harus dekat dengan rakyat dan hadir saat rakyat membutuhkan,” katanya.

Didampingi Danramil 18 Pagentan Kapten CPM Teguh Budiono, orang nomor satu di jajaran TNI Kodim 0704 Banjarnegara ini juga memberikan bantuan masker bagi para pengungsi. Kondisi ini sebagai wujud kepedulian dan pencegahan terhadap wabah Covid 19 yang saat ini masih melanda negeri ini.

“Hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi, kami juga meminta masyarakat untuk tetap waspada, apalagi sesuai dengan prakiraan dari BMKG, hujan dengan intensitas tinggi masih dimungkinkan terjadi hingga Februari 2021,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kondisi dan kultur Banjarnegara yang labil, maka sangat rentan akan terjadinya bencana, termasuk tanah gerak dan longsor. Untuk itu, dirinya meminta masyarakat untuk tetap waspada.

“Kami jajaran TNI bersama dengan BPBD, serta relawan akan terus melakukan pendampingan dan membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Tidak hanya itu, masyarakat tentunya sudah faham dengan kultur di wilayahnya masing-masing, untuk itu masyarakat juga harus peka dengan tanda-tanda alam di sekitarnya. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya korban jiwa saat terjadi bencana.

“Meski masih dalam pengungsian, protokol kesehatan harus tetap dijaga, masyarakat diminta untuk tetap menjalani protokol kesehatan, mulai dari menjaga kebersihan dan mencuci tangan, menjaga jarak, hingga tetap menggunakan masker, dan rajin berolahraga,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini