Selasa, 6 Desember 2022

Dari Sembilan Calon, Jokowi Tunjuk Yunita Jadi Penjabat Bupati Cilacap, Ini Alasannya

Gubernur Ganjar Pranowo saat melantik Yunita Dyah Suminar menjadi Penjabat Bupati Cilacap di Gedung Grhadhika Bhakti Praja Semarang, Sabtu (19/11/2022). (Irfan/serayunews)

Yunita Dyah Suminar, secara resmi telah menjadi Penjabat (Pj) Bupati Cilacap setelah dilantik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Sabtu (19/11/2022). Yunita sendiri, sebelumnya merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.


Semarang, serayunews.com

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, dari sembilan nama calon Pj Bupati Cilacap yang diusulkan, Presiden Jokowi memilih Yunita Dyah Suminar. Adapun sembilan nama calon itu, tiga orang usulan DPRD Cilacap, tiga oleh Pemprov Jateng dan tiga oleh Kemendagri.

“Kalau sebelumnya penunjukan Pj bupati hanya oleh gubernur saja. Namun saat ini, mekanismenya melalui tim penilai akhir yang diketuai Presiden. Sedangkan yang mengusulkan itu DPRD kabupaten, Pemprov dan Kemendagri,” katanya Ganjar saat ditemui wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Di sisi lain, dia pun tak menyangka jika yang dipilih oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Pj Bupati Cilacap merupakan usulan dari Pemprov Jateng. Terlebih, Yunita sendiri berasal dari Cilacap yang saat ini mengemban tugas sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.

“Memang pemerintah mengubah mekanisme pemilihan Pj bupati, karena menghadapi Pemilu, Pilpres 2024 dan Pilkada serentak. Supaya tidak ada konflik kepentingan, artinya netral karena yang memilih Presiden,” tuturnya.

Yunita Dyah Suminar, dilantik sebagai Pj Bupati Cilacap menggantikan Tatto Suwarto Pamuji yang telah purna masa jabatannya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini