Rabu, 20 Oktober 2021

Desa Pasuruhan Karangkobar Rawan Bencana, Relawan Gelar Pelatihan Siaga Bencana

Warga Desa Pasuruhan, Kecamatan Karangkobar Banjarnegara menggelar pelatihan siaga bencana dan membentuk desa siaga bencana. (Maula)

Sadar akan daerahnya rawan akan bencana, sejumlah relawan warga Desa Pasuruhan, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara menggelar pelatihan siaga bencana dan membentuk desa siaga bencana.


Banjarnegara, serayunews.com

Pembentukan desa siaga bencana ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan masyarakat desa dalam menghadapi bencana. Untuk itu pemerintah desa bersama dengan relawan RAPI Banjarnegara melakukan pelatihan relawan siaga bencana oleh BPBD Banjarnegara pada Rabu (6/10/2021).

Koordinator relawan RAPI Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan, pelatihan yang melibatkan masyarakat desa ini hasil kerjasama RAPI Banjarnegara dengan BPBD. Harapannya dengan pelatihan ini, masyarakat sadar dan tahu langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Ini bagian dari tindakan antisipasi serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, langkah ini dilakukan karena sebagian besar wilayah Banjarnegara rawan akan bencana,” ujarnya.

Menurutnya, melalui pelatihan ini, setidaknya ada bekal bagi masyarakat dalam mengambil tindakan jika terjadi bencana. Sehingga dengan pengetahuan ini, bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya korban jiwa.

“Dalam latihan ini, kita juga melakukan simulasi penanganan korban, sehingga para relawan ini bisa melakukan langkah antisipasi dan tindakan penanganan korban bencana,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini