Selasa, 24 Mei 2022

Dieng Dibanjiri 10.000 Wisatawan, Polisi Genjot Sosialisasi Protokol Kesehatan

Polisi sedang mensosialiasikan penggunaan masker kepada pengunjung (Maula Asadillah)

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng membludak pada Sabtu (15/5/2021). Diperkirakan ada 10.000 wisatawan menyerbu Dieng. Bahkan sempat terjadi kemacetan pada sejumlah ruas jalan menuju objek wisata yang ada di dataran tinggi Dieng.


Banjarnegara, serayunews.com

Sebagai tindakan antisipasi akan tindak kejahatan dan persebaran virus corona di tengah kunjungan wisata, jajaran Polres Banjarnegara melakukan sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan serta tetap waspada akan tindak kejahatan.

Baca juga  Jangan Kaget, Ini Sasaran Pertama Kelompok yang Perlu Diberi Penyuluhan Anti Korupsi

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto melalui Kabag Ops Kompol Sardoyo mengatakan, selama libur Lebaran ini, pihaknya melakukan pantauan dan pengetatan pengamanan pada sejumlah objek wisata.

“Kita melibatkan semua anggota, baik dari Polres maupun Polsek setempat. Kita juga melakukan imbauan untuk waspada tindak kejahatan serta sosialisasi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berwisata,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan instruksi yang mendasar pada surat edaran Mendagri hingga bupati, ada beberapa yang diperbolehkan untuk dibuka dengan ketentuan dan pembatasan pengunjung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga  Pengunjung Ketakutan, Lift di Menara Pandang Setinggi 107 Meter di Purwokerto Macet Saat Digunakan

“Kita lakukan sosialisasi agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, tetap memperhatikan kapasitas tempat dan waspada tindak kejahatan,” katanya.

Sistem buka tutup objek wisata juga dilakukan demi pembatasan pengunjung. Pengelola pariwisata untuk menutup sementara pintu masuk saat kapasitas dalam objek sudah melebihi kapasitas 50 persen, setelah ada yang keluar baru dibuka lagi.

“Sistemnya rolling, sehingga dalam objek tidak terlalu padat. Kita juga memberikan masker dan handsanitizer pada pengunjung yang tidak menggunakan masker,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan yang ada, jumlah pengunjung di dataran tinggi Dieng pada hari Lebaran atau pada Kamis 13 Mei mencapai 328 orang. Sementara pada Jumat 14 Mei pengunjung yang masuk ke lokasi wisata Dieng mencapai 5.778 pengunjung. Untuk hari Sabtu ini, jumlah pengunjung diperkirakan mencapai lebih dari 10 ribu orang.

Berita Terkait

Berita Terkini