Sabtu, 3 Desember 2022

Dinas Arpus Cilacap Buka Layanan Pojok Baca Digital di Mall Pelayanan Publik

 

Seorang pengunjung Mall Pelayanan Publik (MPP) Cilacap, saat menjajal layanan pojok baca digital (Pocadi) Senin (14/11/2022). (Irfan/serayunews)

Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Cilacap, membuka layanan pojok baca digital di Mall Pelayanan Publik (MPP) Cilacap yang menempati Lantai 2 Terminal Cilacap. Layanan ini, diperuntukan bagi para pengunjung MPP yang ingin membaca literasi berbentuk elektronik.

Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Arpus Cilacap, Ahmad Fauzi mengatakan, layanan pojok baca digital yang disingkat Pocadi ini merupakan tempat membaca yang menyediakan berbagai koleksi buku cetak dan buku digital (e-book). Koleksi e-book yang ada di Pocadi, berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan konten iPusnas.

“Pocadi ini layanan perpustakaan digital di MPP. Misalnya kalau ada pengunjung yang sedang mengantre atau menunggu proses di MPP, bisa mengisi waktu dengan membaca buku di Pocadi,” katanya kepada serayunews.com, Senin (14/11/2022).

Ia menjelaskan, Pocadi tersebut dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan pemerintah daerah yang gagasannya untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar Pocadi, yaitu memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di berbagai pusat kegiatan masyarakat.

“Iya, Pocadi mempunyai konten dan koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya. Berbasis teknologi digital, konten bahan bacaannya beragam dan menarik. Diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk gemar membaca, sekaligus meningkatkan literasi baca tulis dan digital,” ujarnya.

Terlebih, kata dia, perpustakaan mempunyai peran strategis dalam membangun literasi masyarakat sebagai lembaga penyedia informasi. Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan yang mempunyai tugas mengumpulkan, mengorganisasikan, mengolah dan menyebarluaskan karya-karya informasi dan karya ilmiah kepada masyarakat.

Berita Terpopuler

Berita Terkini