Selasa, 27 September 2022

Dinilai Peduli Lingkungan, Bupati Banyumas Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

Bupati Banyumas, Achmad Husein, menerima penghargaan Nirwasita Tantra dan Penganugrahan Kalpataru, Rabu (20/7/2022). (Dok Pemkab Banyumas)

Dinilai peduli dan berhasil menjaga lingkungan, Bupati Banyumas, Achmad Husein, menerima penghargaan Nirwasita Tantra dan Penganugrahan Kalpataru. Husein mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut untuk pimpinan daerah dan pejuang lingkungan garda terdepan dalam pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.


Banyumas, serayunews.com

Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022, kepada 42 pemimpin daerah terbaik dalam beberapa kategori. Kategori itu adalah provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Tiap kategori untuk tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik.

“Alhamdulillah, Kabupaten Banyumas bersama Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bandung, mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan ini untuk kategori kriteria kabupaten besar,” ujar Husein, Rabu (20/7/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas, Junaedi menjelaskan, ada lima parameter yang menjadi isu penilaian. Parameter itu yakni sampah, penurunan kualitas air, bencana, alih fungsi lahan, dan kerusakan lahan. Sedangkan Banyumas, berhasil dalam penanganan berbagai isu tersebut.

“Penilaian Nirwasita Tantra, berdasarkan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah yang menyatakan kondisi permasalahan, kebijakan program dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini