Sabtu, 8 Oktober 2022

Dinkes Purbalingga Giatkan Vaksinasi Door to Door, Ini Targetnya

Petugas kesehatan melaksanakan vaksinasi door to door di Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jumat (21/12/2022). (Joko Santoso)

Dinas Kesehatan (Dinkes) dan petugas gabungan di Kabupaten Purbalingga terus menggiatkan pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door). Target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini adalah kaum lanjut usia (lansia) yang belum mendapatkan akses vaksinasi.


Purbalingga, Serayunews.com

“Vaksinasi door to door memang kami laksanakan lebih intensif. Pekan ini kegiatan dilaksanakan di sejumlah wilayah yang cakupan vaksinasi lansia masih rendah,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga dr Jusi Febrianto, Jumat (21/1/2022).

Hari ini menurutnya pelaksanaan vaksinasi door to door dilakukan di Kelurahan Wirasana Kecamatan Purbalingga, Desa Kaligondang Kecamatan Kaligondang, dan Desa Karangasem Kecamatan Kertanegara. Petugas Puskesmas dan tenaga medis yang lain melakukan upaya persuasif untuk melakukan vaksinasi kepada lansia.

“Mereka lansia yang belum divaksin didatangi ke rumah. Petugas langsung memberikan vaksinasi kepada lansia yang memenuhi syarat untuk divaksin,” jelasnya.

Sementara itu anggota Forum Lintas Pelaku (FLP) Purbalingga M Imron Faishal didampingi Lurah Wirasana Afiati ikut memantau pelaksanaan vaksinasi door to door di Kelurahan Wirasana. Mereka mendampingi petugas mendatangi rumah kaum lansia.

“Yang belum divaksin kami beri pengertian, jika memang memenuhi syarat untuk bisa menjalani vaksinasi,” ungkap Imron.

Sementara itu data dari Dinkes Purbalingga menyebutkan per tanggal 20 Januari 2022 cakupan vaksinasi dosis pertama di wilayah tersebut mencapai 87, 51% atau menyasar 681.497 orang. Dosis kedua mencapai 64, 77 % atau 504.400 orang. Cakupan vaksinasi lansia dosis pertama 69, 65 % ( 68.876 orang) dan dosis kedua 54, 02 % (53.422 orang).

Berita Terpopuler

Berita Terkini