Sabtu, 13 Agustus 2022

Edukasi Tanggap Bencana, PT KPI Unit Cilacap Bekali Warga Padangjaya Pelatihan Dapur Umum

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap berinisiasi memberikan pembekalan manajemen kebencanaan bagi warga Desa Padangjaya, Kecamatan Majenang.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap berinisiasi memberikan pembekalan manajemen kebencanaan bagi warga Desa Padangjaya, Kecamatan Majenang. Kegiatan yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap ini, diselenggarakan di Balai Desa Padangjaya, Rabu (30/3/2022).


Cilacap, serayunews.com

Kegiatan yang melibatkan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap ini, fokus pada materi mitigasi bencana dan pelatihan tanggap darurat terkait pelatihan manajemen dapur umum.

Baca juga  Keren, Sepuluh Pelukis Jateng Explore Pulau Penjara Nusakambangan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Wijonardi, menyambut baik upaya PT KPI Unit Cilacap yang serius memberikan perhatian kepada warga Desa Padangjaya.

“Kami mengapresiasi kepedulian Pertamina, karena secara akses cukup jauh jarak kantor PT KPI Unit Cilacap ke Desa Padangjaya lebih dari 70 km. Nyatanya tetap melakukan pendampingan kepada warga yang pernah terdampak bencana tanah bergerak,” jelasnya.

Kepala Desa Padangjaya, Tursino menyatakan, materi pelatihan kebencanaan ini sangat penting mengingat wilayah desa tersebut termasuk rawan bencana, seperti longsor dan tanah bergerak.

“Terimakasih kepada Pertamina dan BPBD untuk sinergi membangun masyarakat tangguh bencana. Semoga nanti masyarakat semakin tangguh dan benar-benar tanggap jika sewaktu-waktu ada kondisi yang tidak diharapkan,” ungkapnya.

Baca juga  Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Adakan Program Pengabdian Masyarakat di Kampung Laut Cilacap

Dalam sambutannya, Officer CSR & SMEPP PT KPI Unit Cilacap, Aditya Anung Dwi Nugroho menyatakan, pelatihan ini penting untuk membekali masyarakat setempat dengan keterampilan menghadapi bencana.

“Pelatihan dapur umum ini, sangat dibutuhkan ketika terjadi kondisi darurat kebencanaan. Meski kita semua tidak berharap terjadi bencana, namun kesiapsiagaan sedini mungkin bisa meminimalisir dampak sebuah bencana,” tegasnya.

Selain pelatihan bertajuk Masyarakat Tangguh Bencana (Mantab) ini, Pertamina juga memberikan beberapa bantuan kegiatan untuk warga yang tinggal di hunian tetap (huntap) Dusun Jatiluhur, Desa Padangjaya.

Baca juga  Diduga Dampak Proyek, Pipa BBM Rembes di Dusun Lengkong Jeruklegi

Di antaranya budidaya lebah madu klanceng, bantuan water torrent, dan pengecatan huntap untuk mengaggas konsep wisata kampung warna.

“Semoga sinergi ini benar-benar bermanfaat, untuk membangkit perekonomian warga Padangjaya,” imbuh Anung.

Dalam kesempatan itu, PT KPI Unit Cilacap menyerahkan paket bantuan peralatan dapur lapangan senilai lebih dari Rp 6 juta meliputi kompor gas, regulator, selang gas, tabung gas plus isi, dandang nasi, dandang air, wajan alumunium, dan alat kelengkapan dapur lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini