Kamis, 11 Agustus 2022

Gelapkan Mobil Rental, Pria Asal Purwokerto Ditangkap Polsek Adipala, Cermati Modusnya

tersangka penggelapan mobil rental di cilacap
Tersangka PH saat dimintai keterangan oleh Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo (Ulul Azmi)

Seorang pria inisial PH (30) warga Kelurahan Bantarsoka, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, diamankan jajaran Unit Reskrim Polsek Adipala, Cilacap. Diduga tersangka PH gelapkan mobil rental dan menggadaikannya sebesar Rp25 juta.


Cilacap, serayunews.com

Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo mengatakan, bahwa kasus penggelapan mobil rental ini bermula saat tersangka menyewa (merental) mobil jenis Avanza milik korban yang tinggal di Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, pada tanggal 7 Mei 2022 lalu.

Baca juga  Nekat! Maling Satroni Rumah Warga di Sumbang Banyumas, Aksinya di Siang Bolong Terekam CCTV

“Tersangka menyewa mobil sehari dengan 400 ribu, namun baru di DP 200 ribu dan menyerahkan identitas KTP palsu sebagai jaminannya,” ujar Wakapolres Cilacap dalam keterangannya, Kamis (2/6).

Ternyata selang sehari, tersangka tidak mengembalikan mobil yang disewanya tersebut. Bahkan saat dihubungi pemilik mobil nomor HP tersangka tidak aktif, kemudian korban melaporkannya ke Polsek Adipala.

tersangka penggelapan mobil rental di cilacap
Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo saat menunjukan barang bukti kasus penggelapan mobil rental (Ulul Azmi)

Setelah mendapat laporan tersebut, personel Unit Reskrim Polsek Adipala melakukan penyelidikan, akhirnya petugas bisa mengamankan terduga pelaku. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata mobil yang disewa oleh tersangka digadaikan kepada orang lain dengan harga Rp25 juta.

Baca juga  PSCS Cilacap Datangkan Empat Pemain Baru, Siapa Saja Mereka?

“Tersangka menggunakan akun facebook palsu memposting mobil tersebut, kemudian bercakapan dengan WA dan bertemu lalu menyerahkan mobil dan STNK-nya, mobil tersebut digadaikan 25 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan tersangka nekat menggadaikan mobil rental karena terlilit utang. Uang hasil gadai mobil tersebut sebagian digunakan untuk melunasi utangnya.

“Karena utang kurang lebih 15 juta rupiah, untuk melunasi sebagian hutang, uang mobil yang digadai, 10 juta cash dan sisanya di transfer,” ujar tersangka PH.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan, dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun penjara.

Baca juga  Hadiri Perayaan HUT ke 44, Bupati Cilacap Dorong AMPI Terus Berkreasi

Berita Terkait

Berita Terkini