Minggu, 5 Februari 2023

Hebat! Pertama Kalinya, Tiga Wakil Asia Lolos ke Babak Gugur Piala Dunia

Gambar oleh Rosy – The world is worth thousands of pictures dari Pixabay

Piala Dunia 2022 menjadi istimewa bagi wakil Asia. Untuk pertama kalinya, ada tiga wakil Asia secara bersamaan dalam satu Piala Dunia lolos ke babak gugur.

Pada Piala Dunia 2022 Asia memiliki enam wakil yakni Australia, Qatar, Iran, Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan. Dari enam wakil itu, Australia, Jepang, dan Korea Selatan lolos ke babak gugur alias mulai babak 16 besar. Australia lolos ke babak 16 besar setelah menjadi runner up grup D.

Australia yang di laga awal hancur di tangan Prancis, secara mengejutkan bangkit di dua laga selanjutnya. Australia mampu mengalahkan Tunisia dan Denmark dengan skor  tipis 1-0.

Jepang lebih heroik. Mereka lolos ke babak 16 besar setelah menjadi juara grup E. Hebatnya, mereka menjadi juara grup E setelah mengalahkan dua mantan juara dunia yakni Jerman dan Spanyol. Jepang mengalahkan Jerman dan Spanyol dengan skor sama yakni 2-1.

Terbaru, Korea Selatan lolos ke babak gugur setelah menjadi runner up di grup H. Korea Selatan di laga pamungkas mampu mengalahkan Portugal dengan skor 2-1. Kemenangan ini sudah cukup membuat Korea Selatan lolos karena unggul produktivitas gol atas Uruguay.
Piala Dunia Sebelumnya

Di Piala Dunia sebelumnya, tidak pernah ada tiga wakil Asia yang secara bersamaan. Berdasarkan data FIFA jika di Piala Dunia 1994, Asia hanya memiliki dua slot. Namun sejak 1998 Asia mendapatkan empat slot di Piala Dunia. Tiga slot itu diisi Arab Saudi, Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Namun, di Piala Dunia 1998 tak ada wakil Asia yang lolos ke babak gugur.

Di Piala Dunia 2002, Asia memiliki empat wakil di Piala Dunia yakni Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, dan China. Dari empat tim itu, Jepang dan Korea Selatan bisa lolos ke babak gugur. Namun, Jepang hanya sampai babak 16 besar dan Korea Selatan sampai semifinal.

Di Piala Dunia 2006, Asia memiliki empat wakil yakni Jepan, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Iran. Taka da satu pun wakil Asia yang lolos ke babak 16 besar. Saat itu Australia memang lolos ke babak 16 besar, tapi Australia masih mewakili Oseania.

Di Piala Dunia 2010, Asia memiliki empat wakil yakni Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan Australia. Jepang dan Korea Selatan lolos ke 16 besar tapi langsung gugur di babak 16 besar tersebut.

Di Piala Duia 2014, Asia memiliki empat wakil yakni Jepang, Korea Selatan, Iran, dan Australia. Tak ada yang lolos ke babak 16 besar. Di Piala Dunia 2018 Asia memiliki lima wakil yakni Jepang, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Australia. Dari lima wakil hanya Jepang yang lolos ke babak 16 besar dan langsung gugur.

Berita Terpopuler

Berita Terkini