Minggu, 19 September 2021

Hujan Es Bikin Heboh Wanayasa, Banjarnegara, Ini Ceritanya

Salah satu bongkahan hujan es yang terjadi di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara. (Maula)

Warga Dusun Pagendongan, Desa Wanaraja, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara heboh dengan fenomena hujan es yang terjadi di wilayah tersebut pada Rabu (15/9/2021). Kejadian ini merupakan kali pertama di wilayah tersebut.


Banjarnegara, serayunews.com

Hujan es yang terjadi di sekitar kompleks SMPN 4 Wanayasa ini terjadi sekitar pukul 12.50 WIB. Saat itu wilayah tersebut memang mendung.

“Kami tidak menyangka kalau hujan es, warga baru menyadari setelah suara gemuruh hujan itu terysengar keras dari atap rumah, bahkan saat keluar terlihat banyak gumpalan es di teras,” kata Pratama warga Wanayasa yang dihubungi Serayunews.com.

Menurutnya, fenomena ini cukup membuat heboh warga karena memang sangat langka. Gumpalan es yang jatuh itu bervariasi, ada yang sebesar kelereng ada juga yang lebih besar. Es tersebut turun bersama dengan air hujan.

Dikatakannya, hujan es ini menimbulkan suara keras pada bagian atap rumah. Hujan es yang turun rata-rata berukuran sebesar kelereng. Hujan deras yang disertai gumpalan es itu sendiri terjadi sekitar 20 menit lebih.

“Kalau salju di Dieng mungkin sudah biasa, tetapi hujan es di tempat kami ini baru pertama kali selama saya tinggal di daerah ini,” ujarnya.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait kerusakan akibat adanya fenomena hujan es di wilayah Kecamatan Wanayasa ini.

Berita Terkait

Berita Terkini