Senin, 5 Desember 2022

Ini Lima Potensi Laga Seru di Babak 16 Besar Liga Champions

Trofi Liga Champions. foto: bigbabybonze dari pixabay

Sebanyak 16 tim lolos ke babak gugur Liga Champions. Selanjutnya, mereka akan bertanding di babak 16 besar yang akan berlangsung pada Februari dan Maret 2023. Undian babak 16 besar akan berlangsung pada 7 November 2022 mulai pukul 18.00 WIB.

Sejumlah 16 tim yang lolos ke babak gugur terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah delapan tim dengan status juara grup dan kelompok kedua adalah delapan tim dengan status runner up grup.

Delapan tim juara grup adalah Napoli, Man City, Tottenham Hotspur, Benfica, Bayern Munchen, Real Madrid, Porto, Chelsea. Delapan tim runner up grup adalah PSG, AC Milan, Eintracht Frankfurt, Liverpool, Inter Milan, Leipzig, B Dortmund, Club Brugge.

Dalam undian babak 16 besar nanti ada empat persyaratan utama. Pertama, antar tim juara grup tidak akan bertemu di babak 16 besar. Kedua, antar tim runner up juga tidak akan bertemu di babak 16 besar.

Ketiga, juara dan runner up grup yang sama tidak bisa bertemu di babak 16 besar. Contohnya, Benfica dan PSG yang dari grup H tidak akan bertemu di babak 16 besar. Keempat, tim dari negara yang sama tidak akan bertemu di babak 16 besar. Contohnya, Chelsea dan Liverpool tidak akan bertemu di babak 16 besar karena keduanya berasal dari Inggris.

Dengan aturan itu, setidaknya akan ada lima potensi laga seru di babak 16 besar. Tentu saja, lima potensi ini melibatkan dua tim besar yang terpelest di babak grup. Dua tim besar itu adalah Liverpool dan PSG yang gagal jadi juara grup.

Berikut lima potensi laga seru di babak 16 besar.

PSG vs B Munchen

Laga ini bisa terjadi jika dalam undian dua tim tersebut bertemu. Sebab, PSG adalah runner up grup dan Munchen adalah juara grup. Laga ini menjadi seru karena Munchen sedang bagus.

Munchen adalah satu-satunya tim yang mendapatkan nilai sempurna di babak grup. Sementara, PSG bagus karena memiliki individu-individu yang mengerikan. PSG memiliki Messi, Mbappe, dan Neymar di lini depan.

PSG vs Real Madrid

Jika laga ini terjadi maka akan jadi ulangan musim lalu. Saat itu, Madrid yang akhirnya lolos ke babak selanjutnya. Saat ini Madrid juga masih menjadi tim kuat.

Madrid adalah pemuncak klasemen sementara Liga Spanyol. Mereka adalah tim yang solid di belakang. Di sisi lain, PSG tentu berbeda dengan musim lalu. Salah satunya karena Lionel Messi sudah jauh lebih baik di PSG.

PSG vs Manchester City

Jika laga ini terjadi, maka akan jadi ulangan musim lalu. Di musim lalu kedua tim berada di satu grup. Kedua tim juga saling mengalahkan. Man City mengalahkan PSG 2-1 di Etihad Stadium. Sementara, PSG menang 2-0 atas Man City di Parc des Princes.

Jika laga ini terjadi maka akan kembali memunculkan reuni Pep Guardiola dengan Lionel Messi. Pep dan Messi dulu sama-sama berjaya di Barcelona. Kini, Pep bersama Man City dan Messi bersama PSG.

Liverpool vs Real Madrid

Jika laga ini terjadi di babak 16 besar, maka jadi ulangan final musim lalu. Saat di final, Real Madrid mampu mengalahkan Liverpool 1-0.

Di musim ini, Madrid bagus di domestik dan Eropa. Sementara, Liverpool buruk di domestik dan cukup bagus di Eropa. Liverpool tentu akan sangat ngotot di Liga Champions karena peluang mereka di Liga Inggris tidak terlalu bagus.

Liverpool vs Bayern Munchen

Dua tim ini sama-sama dilatih orang Jerman. Jurgen Klopp di Liverpool dan Julian Negelsman di Bayern Munchen. Bakal menjadi laga seru adu otak dua pelatih Jerman.

Secara kualitas, tim ini bisa dikatakan setara jika melihat skuatnya. Selain itu, bisa jadi reuni untuk Sadio Mane. Mane adalah bintang Liverpool yang menyeberang ke Munchen sejak musim ini.

Berita Terpopuler

Berita Terkini