Senin, 4 Juli 2022

Ini Lokasi Pasar Rakyat Ramadan di Purbalingga yang Berjualan Takjil Berbuka Puasa

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) meninjau Pasar Rakyat Ramadan di Desa Karangduren Kecamatan Bobotsari. (Joko Santoso)

Bagi anda yang ingin mencari hidangan atau sekedar takjil untuk berbuka puasa, tak perlu bingung. Pasalnya memasuki bulan Ramadan, di sejumlah wilayah Kabupaten Purbalingga bermunculan Pasar Rakyat Ramadan. Disana dijual berbagai macam makanan dan minuman untuk berbuka puasa.


Purbalingga, serayunews.com

“Selama Ramadan ini memang sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai bergeliat lagi. Terbukti di sejumlah desa bermunculan pedagang makanan dan minuman untuk hidangan berbuka puasa,” kata Plt Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemkab Purbalingga, Adi Purwanto, Selasa (5/4/2022).

Baca juga  Menyikapi Varian Baru Turunan Omicron, Begini Kata Kepala Dinkes Purbalingga

Diungkapkan berbagai makanan dan minuman yang merupakan produk UMKM dijual di sana. Mulai dari makanan kecil hingga lauk pauk untuk berbuka puasa. Setiap hari lokasi tersebut diserbu pembeli. Kebanyakan mereka mencari hidangan untuk berbuka puasa.

“Mereka menunggu waktu berbuka dengan mengunjungi Pasar Rakyat Ramadan. Siapa tahu ada makanan dan minuman yang cocok dengan selera untuk berbuka puasa,” ungkapnya.

Lokasi Pasar Rakyat Ramadan, kata Adi masing-masing ada di Desa Karanggedang, Desa Bajong, Desa Kembangan di Kecamatan Bukateja, Desa Majasem Kecamatan Kemangkon, Desa Banjaran Kecamatan Bojongsari, Desa Karangsari Kecamatan Karangmoncol, Desa Gondang Kecamatan Karangreja, Desa Karangduren Kecamatan Bobotsari, Desa Karangklesem Kecamatan Kutasari, Desa Sumampir Kecamatan Rembang , serta di kompleks Taman Kota Usman Janatin dan Pasar Segamas.
Pasar Rakyat Ramadan di Karangduren pembukaannya dihadiri oleh Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Jumat (1/4/2022).

Baca juga  Pandemi Covid-19 Melandai, Kompensasi Pajak Bumi Bangunan Dihilangkan

Lokasinya ada di rest area yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) desa setempat. Kepala Desa (Kades) Karangduren Setyo Pamungkas mengungkapkan pasar ini akan terus ada selama 30 hari ke depan.

“Pasar ini buka mulai jam 01:00 siang sampai dengan maghrib,” katanya.

Pasar ini menyediakan aneka kebutuhan Ramadan seperti buah-buahan, takjil dan aneka makanan yang bisa dijadikan menu buka puasa. Saat ini pasar menampung sebanyak 40 pedagang yang semuanya berasal dari warga Desa Karangduren.

“Mudah-mudahan pasar ini akan terus ada di tahun-tahun yang akan datang,” katanya.

Baca juga  Kepala Dishub Kabupaten Banyumas, Resmi Terpilih Menjadi Ketua Kwarcab Banyumas Antar Waktu

Bupati Tiwi mengapresiasi dengan adanya Pasar Ramadaan ini. Hal ini sejalan dengan program pemerintah saat ini yakni pemulihan ekonomi.

“Kita berharap pasar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa memulihkan perekonomian masyarakat di Desa Karangduren,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini