Selasa, 28 September 2021

Ini Sederet Fasilitas di Kolam Resapan Taman Soetomo Cilacap yang Habiskan Anggaran Rp 1,9 Miliar

Kolam Resapan Taman Soetomo. (Ulul)

Meskipun masih dimasa pandemi Covid-19, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Cilacap terus dikebut agar selesai sesuai target. Seperti taman yang terletak di Jalan Dr Soetomo depan Politektik Cilacap. Pada tahap pertama ini habiskan anggaran sekitar  Rp 1,9 miliar untuk bangun kolam resapan dan fasilitas pendukungnya.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Cilacap melalui Kepala Bidang Kawasan Permukiman Kusnadi menyampaikan, bahwa pembangunan tahap pertama RTH di Jalan Dr Soetomo tersebut ditarget selesai pada awal September 2021 ini.

“Harusnya bis beton penahan air selesai, yang lain tinggal meratakan tanah, kemudian tinggal memasang penyambung jogging tracknya dari plaza utama. Mudah-mudahan sampai tanggal 1 September 2021 selesai, sesuai permintaan perpanjangan dari pelaksana selama 7 hari,” ujar Kusnadi dalam keterangannya, Senin (30/08/2021).

Menurut Kusnadi, selain selesaikan pembangunan kolam, sejumlah tanaman juga sudah mulai ditanam, dan sedang selesaikan pengerjaan pondasi dan pemasangan kabel untuk lampu taman. Pada tahap pertama ini, pembangunan habiskan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar dan masih dibutuhkan anggaran lagi untuk pembangunan tahap keduanya nanti.

“Konsepnya tempat santai keluarga dan wisata, ada gazebo, taman pentas anak-anak, tempat duduk, lampu, serta ada kolam resapan seluas sekitar 4000 meter persegi dengan kedalaman 1,2 meter untuk resapan hujan dan banjir, dan sekelilingnya jogging track,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada tahun anggaran 2021 ini Pemkab Cilacap membangun dan merevitalisasi sejumlah taman kota, dengan total nilai angaran sekitar Rp 5 miliar, taman tersebut diantaranya RTH Rinjani, RTH Soetomo, Taman Marlin Soetomo, RTH Bluemoon, RTH Lapangan Jati Persada dan Alun-alun Sidareja.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini