Kamis, 29 September 2022

Intensitas Hujan Masih Tinggi sampai Februari 2022, Warga Banjarnegara Diminta Waspada Longsor

Sesuai dengan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan di wilayah Banjarnegara masih tinggi, bahkan hal ini bisa terjadi hingga Februari 2022. Untuk itu, masyarakat Banjarnegara diminta untuk tetap waspada.


Banjarnegara, Serayunews.com

Kalakhar BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Andri Sulistyo mengatakan, terjadinya peningkatan curah hujan ini juga berkaitan dengan fenomena La Nina. Untuk itu, sebagai daerah yang rawan longsor, BPBD Banjarnegara mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Menurutnya, sebagai antisipasi dan peningkatan kewaspadaan, BPBD bersama dengan instansi terkait juga telah melakukan berbagai imbauan, baik melalui akun resmi BPBD, maupun pemasangan spanduk dan sejenisnya di sejumlah titik.

“Dengan imbauan ini, kami berharap masyarakat semakin waspada, khususnya saat hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari tiga jam,” katanya.

Sebagai antisipasi, dia juga mengajak masyarakat untuk kembali menggiatkan pembersihan saluran air yang ada di lingkungannya. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi genangan yang bisa menyebabkan longsor.

Dikatakannya, sesuai dengan prakiraan cuaca dari BMKG, pada akhir Desember hingga awal tahun 2022 ini ada peningkatan curah hujan hingga 100 persen dari normal.

“Komunikasi dan kewaspadaan harus dilakukan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini