Rabu, 5 Oktober 2022

Jangan Salah Jurusan! Ini Empat Kode Bus Trans Banyumas

Kode Bus Trans Banyumas terpampang di kaca bus. (Foto : Dok Dishub Banyumas)

Sejak beroperasi kembali selama hampir satu minggu, load factor Bus Trans Banyumas sudah mencapai kisaran 61 – 65 persen. Namun, penumpang diimbau untuk memperhatikan kode bus terlebih dahulu sebelum naik, supaya tidak salah jurusan.


Purwokerto, Serayunews.com

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie S.Sos MSi mengatakan, ada beberapa penumpang yang salah naik bus, karena tidak memperhatikan kode bus. Kode tersebut sebenarnya terpampang baik di bagian depan bus, samping dan belakang.

“Untuk koridor 1, 2, dan 3 ada kode khusus, sehingga dilihat dulu dan baru naik, supaya tidak salah bus,” katanya, Jumat (21/1/2022).

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan, Taryono ST MPA menjelaskan, ada empat kode bus yang harus dicermati. Pertama kode Bus Trans Banyumas TB-1-12 yaitu kode untuk koridor 1 mulai dari Pasar Pon-Terminal Ajibarang, dengan nomor lambung 12.

Kemudian kode bus TB-II-7 koridor 2 yaitu mulai dari Terminal Notog – Terminal Baturaden bawah, dengan nomor lambung 7. Kode TB-III-GENAP merupakan kode untuk bus koridor 3, mulai dari Terminal Bulupitu – Kebondalem melalui Jln, S Parman dengan nomor lambung 2, 4, 8 dan seterusnya. Sedang TB-III-GANJIL koridor 3 dengan rute Terminal Bulupitu – Kebondalem melalui Tanjung dengan nomor lambung 1, 3, 5, dan seterusnya.

Lebih lanjut Taryono mengatakan, pihaknya juga terus berupaya untuk mempromosikan Bus Trans Banyumas sebagai angkutan umum modern. Antara lain dengan membuat program wisata transportasi edukasi, kemudian menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

“Ada wacana kita bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, dimana untuk anak-anak sekolah SMP ataupun SMA yang belum memiliki SIM, akan dikeluarkan larangan menggunakan sepeda motor dan dianjurkan untuk naik angkutan umum. Kita juga menawarkan ke sekolah-sekolah untuk program wisata transportasi,” terangnya.

Sejauh ini, Bus Trans Banyumas masih paling tinggi dalam hal load factor dibadingkan dengan empat kota besar lainnya di Indonesia yang mendapatkan bus trans tahun 2021, yaitu Bandung, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar.

Berita Terpopuler

Berita Terkini