Sabtu, 2 Juli 2022

Jelang Ramadan, Harga Minyak Goreng di Cilacap Masih Tinggi

Jelang Ramadan, Harga Minyak Goreng di Cilacap Masih Tinggi

Sekitar sepekan menjelang ramadan, harga minyak goreng kemasan premium di Cilacap masih tinggi. Meski begitu, pemerintah masih memberikan subsidi untuk minyak goreng curah.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Bidang Stabilisasi Harga Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Cilacap, Titi Suwarni mengatakan, harga rata-rata minyak goreng kemasan premium di pasaran Cilacap tembus hingga Rp 23.600, atau naik seribu rupiah sejak dicabutnya HET oleh pemerintah sepekan lalu.

“Harga minyak goreng kemasan premium masih tinggi, bahkan naik hampir seribu rupiah sepekan ini,” katanya kepada serayunews.com, Jumat (25/3/2022).

Baca juga  Inovatif! Warga Purbalingga Ini Ubah Serabut Kelapa Jadi Bahan Pengawet Makanan

Sementara untuk harga rata-rata minyak goreng curah di pasaran Cilacap, kata dia, yakni sebesar 16.500 rupiah, atau masih tetap. Menurut Titi, stabilnya harga minyak goreng curah karena pemerintah saat ini tengah melakukan subsidi harga untuk minyak goreng curah.

“Jadi memang subsidinya diganti yang sebelumnya untuk minyak goreng premium tapi sekarang untuk minyak goreng curah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pemerintah memang merombak total kebijakan terkait minyak goreng sawit curah, dari semula berbasis perdagangan menjadi kebijakan berbasis industri. Hal ini dilakukan karena kebijakan minyak goreng sawit curah berbasis perdagangan dinilai tidak efektif menjaga pasokan dan harga bagi masyarakat, pelaku usaha mikro, dan usaha kecil.

Baca juga  Subsidi Minyak Curah Dicabut, Dinas Sidak Pasar Purbalingga Khawatir Harga di Atas HET

“Harapannya kan memang agar bisa menyediakan pasokan untuk masyarakat dulu. Setelah itu baru harganya diturunkan secara bertahap,”.

Berita Terkait

Berita Terkini