Rabu, 22 Maret 2023

Jumlah Personil Polres Cilacap Masih Jauh dari Ideal

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Jumlah personil Kepolisian Resort Cilacap masih jauh dari ideal. Saat ini, jumlah personil yang ada hanya 999 personil. Sementara untuk jumlah ideal untuk wilayah Polres Cilacap sebesar 1500 personil. Hal itu disampaikan Kapolres Cilacap AKBP Yudho Hermanto Sik usai acara sosialisasi penerimaan anggota Polri tahun 2017.

“Jumlah masih jauh dari Ideal, terutama di masing masing Polsek yang ada masih ada Polsek dengan 14 personil termasuk Kapolsek. Padahal, untuk wilayah Polsek minimal ada 50 untuk di daerah dan 100 personil untuk di wilayah urban atau kota,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (11/3/2017) di alun alun Cilacap.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Polri membuka pendaftaran bagi pemuda dan pemudi seluruh Indonesai yang memenuhi sarat untuk menjadi angggota Polri melalui jalur Perwira karir yaitu Akademi Kepolisian dan Perwira Polisi Sumber Sarjana, Brigadir dan Tamtama Polri. Meski demikan, untuk penerimaan dalam jumlah besar itu, Polri tidak mengabaikan proses seleksi. Penerimaan anggota Polri menggunakan sitem BETAH yaitu Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis.

“Diharapkan dengan sistem rekruitmen yang seperti itu akan dihasilkan generasi Polri yang baik dan handal dalam menjalankan tugas sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat sehingga tercipta situasi kemanan yang kondisuf di seluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakannya, sesuai dengan kebijaksanaan pimpinan Polri bahwa setiap Polres akan ada perwakilan dari anggota yang berasal dari Polres tersebut, hal ini untuk mewujudkan bahwa anggota Polri berasal dari wilayahnya masing masing. Penerimaan anggota Polri akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret 2017 hingga April 2017 serentak diseluruh Polres dan Polda di Indonesia.

Sementara itu, kepala bagian Sumber Daya Polres Cilacap Kompol Endang Haryati SH dengan didampingi oleh seluruh penitia penerimaan Polri Polres Cilacap membacakan komitmen penerimaan Polri yang bebas dari Korupsi Kolusi dan nepotisme untuk menciptakan rekruitmen anggota Polri Polres Cilacap yang Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis

“Bagi pemuda dan pemudi pelajar dan warga masyarakat Cilacap yang memenuhi syarat menjadi anggota Polri bisa mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri di bagian Sumber Daya Polres Cilacap setiap jam kerja,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi yang digelar di alun laun Cilacap yang dikemas dalam panggung hiburan Car Free Night dengan tema Aksi 123. Acara di hadiri oleh pejabat Forkopimda Cilacap, dan Lanal Cilacap, pejabat utama dan Perwira Polres Cilacap, Tamu undangan dari perwakilan ormas, guru dan siswa SMU dan SMK Cilacap kota serta warga masyarakat yang sedang menikmati Car Free Night di alun alun Cilacap. Dalam kesempatan itu juga digelar acara Fasion Show yang menampilkan anggota Polri dengan menggunakan berbagai macam seragam yang digunakan dalam menjalankan tugas sehari hari.(adi)

Berita Terkait

Berita Terkini