Kamis, 1 Desember 2022

Kecelakaan Lalu Lintas di Cilacap Renggut 18 Nyawa Selama Oktober 2022

Petugas Satlantas Polresta Cilacap saat olah TKP kejadian laka lantas di Jalan Raya Pahonjean Majenang Cilacap, Selasa (11/10/2022). (Dok Unit Gakkum Satlantas Polresta Cilacap)

Sepanjang Oktober 2022, di wilayah Kabupaten Cilacap terdapat puluhan kejadian kecelakaan berlalu lintas dengan belasan orang meninggal dunia. Timbulnya fatalitas korban jiwa karena sejumlah faktor di antaranya berkendara dengan tidak mengutamakan keselamatan.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Cilacap AKP Muhammad Salman Farizi Putra, S.I.K melalui Kanit Gakkum Ipda Adim Haryoko, SH memberikan penjelasannya. Dia mengatakan, sepanjang Oktober 2022 ada 74 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 18 orang.

“Oktober 2022 ada 74 kejadian kecelakaan berlalu lintas, untuk korban meninggal dunia baik di TKP maupun rumah sakit ada 18 orang. Luka berat nihil, luka ringan 91 orang. Kerugian material 51 juta rupiah,” ujar Ipda Adim Haryoko, SH saat dikonfirmasi, Senin (7/11/2022).

Sedangkan jika dibandingkan dengan September 2022, jumlah kejadian sebanyak 98 dengan korban meninggal dunia sebanyak 14 orang. Luka berat nihil dan luka ringan sebanyak 121 orang. Kerugian material mencapai Rp51,6 juta.

“Faktornya masih lama klasik, seperti di Urip Sumoharjo benturan Kbm, tidak memakai helm, kurang kehati-hatian saja. Sedangkan rentan usia kurang lebih usia produktif antara 18 sampai 45 tahun,” ujarnya.

Untuk mencegah timbulnya fatalitas korban jiwa, Satlantas Polresta Cilacap bersama jajaran Polsek juga melakukan berbagai upaya. Caranya dengan sosialisasi maupun edukasi kepada semua lini masyarakat termasuk pelajar di sekolah.

“Upaya yang sudah dilakukan Unit Kamseltibcar Lantas yakni sosialisasi di sekolah SD hingga SMA. Kemudian, pemasangan banner imbauan menggunakan helm, selalu mengutamakan tertib berlalu lintas, untuk keselamatan bersama,” tutupnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini