Kamis, 11 Agustus 2022

Komisi D DPRD Dorong Perusahaan Prioritaskan Rekrut Pekerja Warga Cilacap

Ketua Komisi D DPRD Cilacap, Didi Yudi Cahyadi. (Ulul Azmi)

Cilacap sebagai salah satu daerah yang dikembangkan menjadi kawasan ekonomi khusus. Tentunya dalam pembangunannya melalui mega proyek besar yang menyedot banyak tenaga kerja. Untuk itu, sejumlah pihak mendorong kepada perusahaan, agar lebih memprioritaskan warga Cilacap, yang juga banyak memiliki kemampuan di berbagai bidang pembangunan.


Cilacap, Serayunews.com

Ketua Komisi D DPRD Cilacap Didi Yudi Cahyadi mengungkapkan pandangannya tersebut. Ia mengatakan, warga Cilacap seharusnya menjadi peran utama atau pekerja utama di wilayahnya sendiri. Sehingga bisa berkiprah dalam membangun kawasan tersebut, bukan hanya jadi penonton saja.

Baca juga  Nelayan di Cilacap Belajar Perencanaan Sebelum Berlayar

“Kita akan dorong bagaimana masyarakat Cilacap ini tidak hanya jadi penonton tapi menjadi peran utama di Kabupaten Cilacap. Ketika proyek berjalan mereka bisa menjadi pekerja utama di proyek-proyek tersebut,” ujar Didi pada serayunews.com, usai Rapat Paripurna, Jumat (10/6).

Didi menilai, seiring kemajuan zaman dan teknologi, banyak warga Cilacap yang berpengalaman dan memiliki kemampuan. Tak hanya itu, dari sisi kesejahteraan, Komisi D juga mendorong lebih ada perhatian yang lebih.

“Ketika kita cerita tentang kesejahteraan juga akan mendorong bagaimana ke depan yaitu yang utama adalah mungkin upah tenaga kerja ini. Provinsi harus memantau lagi karena ketetapannya itu adalah provinsi. Sehingga dengan statusnya naik sebagai kawasan ekonomi, otomatis ada perhatian terkait kesejahteraan dan kesejahteraan harus naik pula,” ujarnya.

Baca juga  Bermandikan Terik Matahari, Ganjar Beri Motivasi Mahasiswa UGM

Sedangkan untuk kesejahteraan lain bagi pekerja, Didi mengatakan, bahwa fasilitas jaminan keselamatan dan kesehatan juga penting bagi pekerja. Fasilitas tersebut seperti akses yang mudah pada BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Harapannya dilayani secara ekstra mereka yang terdaftar di BPJS, sehingga tidak ada lagi masalah yang harus diselesaikan berbelit-belit atau rumit itu nanti kita kawal bersama-sama,” katanya.

Perekrutan Lebih Terbuka

Selain itu, Didi juga mendorong kepada perusahan besar yang melakukan perekrutan tenaga kerja lebih terbuka dan memprioritaskan masyarakat Cilacap.

“Nanti kita undang dulu lah perusahaan-pesan itu dan insyaallah mereka open, yang penting SOP-nya masuk orang Cilacap menjadi prioritas seperti itu,” ujarnya.

Baca juga  Dorong Pola Hidup Bersih & Sehat, Pertamina Cilacap Serahkan 200 Unit Jamban Sehat di 4 Kecamatan

Seperti diketahui, ada sejumlah mega proyek di Cilacap. Proyek tersebut di antaranya pengembangan Kawasan Indutri Cilacap, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus, perluasan kilang Pertamina Cilacap dengan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), peningkatan kapasitas PLTU Cilacap dan sejumlah proyek besar lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini