Kumpulkan 600 Lebih Kantong Darah, Kilang Cilacap Bagikan Ratusan Paket Sembako bagi Pendonor

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap saat menyelenggarakan donor darah, di gedung Patra Graha, Selasa (7/3/2023). (Dok PT KPI RU IV Cilacap).

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses menyelenggarakan donor darah dengan memperoleh 694 kantong darah, di gedung Patra Graha, Selasa (7/3/2023) lalu. Ini adalah agenda rutin PT KPI Cilacap bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap setiap 3 bulan sekali.


Cilacap, serayunews.com

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna menjelaskan kegiatan ini menjadi wujud sinergi perusahaan dengan PMI yang sudah terjalin lama dalam berbagai sosial, salah satunya donor darah.

“Dalam setiap penyelenggaraan donor darah, antusiasme pendonor selalu melebihi target. Ini menjadi modal yang sangat penting untuk membantu PMI Cilacap,” katanya.

Yang menarik, pada kegiatan kali ini para pendonor yang berhasil diambil darahnya diberikan paket sembako, berlaku bagi 400 pendonor pertama.

Baca juga: Indonesia CSR Excellence Awards 2023, Kilang Cilacap Borong 4 Kategori

“Pembagian paket sembako ini menjadi wujud terimakasih kami atas kepedulian para pendonor. Semoga bantuan ini bermanfaat,” ujar Cecep.

Ia merinci dari perolehan darah itu, 173 kantong di antaranya adalah golongan darah A, 206 kantong darah B, 281 kantong darah golongan O dan 34 kantong darah AB.

“Kami bersyukur bisa ikut berkontibusi pada aksi-aksi sosial kemanusiaan seperti ini. Terlebih, tidak lama lagi akan masuk bulan Ramadan yang biasanya berdampak pada minimnya ketersediaan bank darah PMI,” kata Cecep.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Cilacap, dr. Fahlian Wisnu Al Maarif mengapresiasi kepedulian PT KPI RU IV yang rutin menggelar donor darah.

“Donor darah ini jelas sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan stok darah. Apalagi nanti pada bulan Ramadan, di pekan pertama dan kedua kami tidak menggelar donor darah di luar gedung,” katanya.

Dikatakan, dalam penyelenggaraan ini PMI Kabupaten Cilacap juga melibatkan PMI Kabupaten Purbalingga mengingat tingginya antusiasme pendonor.

“Maka dari itu perolehan 694 kantong darah dari kegiatan di gedung Patra Graha, kami bagi dengan PMI Purbalingga untuk sama-sama mengamankan ketersediaan darah. Ini tentu sangat membantu sehingga kami berharap kerja sama dengan PT KPI RU IV akan terus terjalin baik,” tutup Fahlian.

Berita Terkait

Berita Terkini