Sabtu, 8 Oktober 2022

Lantik Pengurus Asosiasi Pendeta di Cilacap, Ini Pesan Wabub Syamsul

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rahman saat memberikan sambutan di pelantikan pengurus Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Cilacap, Selasa (13/9/2022). (Foto : Irfan)

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rahman, mengingatkan pentingnya saling toleransi antar umat beragama. Hal itu diungkapkan Wabup saat pelantikan pengurus Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Cilacap, Selasa (13/9/2022).


Cilacap, serayunews.com

Wabup Syamsul menekankan, menumbuhkan toleransi merupakan upaya merawat keutuhan, persatuan dan kesatuan Republik Indonesia, terutamanya di wilayah Kabupaten Cilacap.

Apalagi, Cilacap merupakan wilayah terluas di Jawa Tengah dengan jumlah penduduk terbanyak kedua.

“Dengan heterogenitas yang tinggi, saya bangga masyarakat Kabupaten Cilacap memiliki sikap toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang tinggi,” katanya.

Menurutnya, terdapat empat toleransi yang ditekankan yakni dalam kehidupan sehari-hari, toleransi dalam suasana pandemic Covid-19, toleransi dalam kemajuan teknologi, serta toleransi memasuki tahun politik.

Terlebih memberikan bantuan kepada orang lain berdasarkan asas kemanusian, tanpa memandang latar belakang suku maupun agama, merupakan ciri dari masyarakat Indonesia.

“Selain itu yang juga penting adalah toleransi memasuki tahun politik, dengan tidak berlebihan dalam mendukung salah satu pasangan calon yang berpotensi merusak persatuan dan kerukunan,” tuturnya.

Ia pun berharap, ke depan tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mengenai keharmonisan dalam bermasyarakat. Ia pun meyakini, masyarakat Cilacap dapat menjaga sikap toleransi sampai kapanpun. (Irfan)

Berita Terpopuler

Berita Terkini