Jumat, 24 September 2021

Mantap, Fasilitas Goa Lawa Purbalingga Bertambah dengan Adanya Penginapan Unik

Home stay yang berada di Goa Lawa. (Amin)

Empat unit home stay atau penginapan dan satu public building, melengkapi fasilitas di Goa Lawa Purbalingga. Harapannya, fasilitas tersebut bisa menyedot kunjungan wisatawan. Sehingga bisa membangkitkan ekonomi, paska pukulan telak karena Pandemi Covid-19.


Purbalingga, serayunews.com

Vice President Secretary PT AP I, Handy Heryudhitiawan menyampaikan, aset bangunan telah 100 persen diselesaikan. Selanjutnya secara resmi diserahkan kepada Pemkab Purbalingga. Pembangunan balai ekonomi desa (Balkondes) ini, merupakan sinergi dari 6 BUMN, yakni PT AP I, PT AP II, PT Perusahaan Gas Negara, PT BRI, PT Pupuk Indonesia dan PT KAI.

“Kami berharap Balkondes ini bisa dimanfaatkan dengan baik, kemudian bisa membantu recovery ekonomi di sektor pariwisata,” kata Handy.

Diakui, saat ini BUMN juga terkena dampak pukulan berat dari Pandemi Covid-19. Namun CSR ini menjadi bukti bahwa dalam kondisi sesulit apapun BUMN masih bisa berkontribusi. Menurutnya, salah satu fungsi dari BUMN adalah agent of development pembangunan masyarakat Indonesia.

“Kami memang selalu diminta untuk berikan, ada apa sih di daerah yang bisa kami bantu?,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pembangunan Balkondes di Goa Lawa atau Golaga yang dimaksud terdiri dari 4 unit Homestay berarsitektur rumah nanas, 1 unit pembangunan Public Building, Pembangunan Amphiteater dan Stepping Stone. Selain itu juga dilengkapi penerangan taman, instalasi pemipaan air bersih, instalasi pemipaan air kotor dan instalasi pemipaan air bekas.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyampaikan terima kasih atas bantuan/CSR pembangunan Balkondes di Golaga kepada BUMN yang dikoordinatori PT AP I. Meskipun wisata belum bisa buka, namun untuk kabupaten zona level 3 termasuk Purbalingga sudah diperbolehkan melakukan simulasi terbatas.

“Dengan selesainya Balkondes ini diharapkan bisa menambah semangat dan gairah kembali pelaku wisata khususnya di Golaga,” katanya.

Bupati menambahkan Balkondes sangat memberikan manfaat bagi Perumda Owabong. Oleh karenanya, Bupati berpesan agar Balkondes dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Perumda Owabong khususnya objek wisata Golaga selaku pengelola.

“Jangan sampai Owabong ini sebagai BUMD milik pemerintah kalah dengan pengelolaan wisata milik swasta. Semoga Balkondes ini pemicu dimana nantinya Golaga semakin memiliki daya tarik wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini