Kamis, 21 Oktober 2021

Masa Pandemi, KPU Banjarnegara Manfaatkan Medsos untuk Sosialisasi Pendidikan Pemilih

Talkshow Rumah Pintar Pemilu (RPP) On Air di Radio Suara Banjarnegara. (Maula)

Meski kondisi pandemi masih terjadi, KPU Kabupaten Banjarnegara tetap melakukan kegiatan pendidikan pemilih. Penyelenggara pemilu ini memanfaatkan semua media untuk memberikan sosialisasi dalam pendidikan pemilih.


Banjarnegara, serayunews.com

‘’Kami menyiasati kondisi pandemi dengan mengoptimalkan berbagai media. Hal ini kami lakukan agar pemahaman dan sosialisasi tentang pendidikan pemilih dapat terus berjalan,” kata anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM, M Syarif SW.

Menurutnya, beberapa media yang digunakan untuk melakukan sosialisasi adalah dengan membuat berbagai konten pada media sosial, termasuk melalui podcast. Cara ini dinilai efektif karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19 dan belum diizinkan untuk melakukan kegiatan taap muka secara langsung.

Selain itu, menggunakan podcast, selain menyiasati pandemi menurutnya hal tersebut sebagai upaya mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Saat ini semakin banyak orang yang menyukai dan mencari informasi melalui media sosial maupun platform berbagi video.

‘’Untuk menyediakan informasi yang mudah dicerna dan mudah didapatkan maka kami tergerak membuat konten tersebut. Selanjutnya kami sebarkan melalui akun media sosial resmi, website maupun YouTube,’’ katanya.

Sebelumnya KPU Kabupaten Banjarnegara sudah pula mengoptimalkan akun media sosial dan website sebagai media sosialisasi dan pendidikan pemilih. Dengan adanya podcast diharapkan bisa menambah pilihan atau ragam informasi yang dibutuhkan masyarakat.

‘’Kami juga masih rutin talkshow Rumah Pintar Pemilu (RPP) On Air di Radio Suara Banjarnegara sebulan sekali, setiap hari Kamis pekan terakhir. Karena siaran langsung sehingga dapat berinteraksi dengan pendengar bila ada pertanyaan maupun saran,” ujarnya.

Terkait pertemuan terbatas, menurutnya juga tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan pendidikan pemilih dengan pertemuan terbatas itu dilakukan di kampus-kampus dan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di kantor KPU Kabupaten Banjarnegara.

Berita Terkait

Berita Terkini