Sabtu, 10 Desember 2022

Membumikan Soedirman di Purbalingga, Jenderal Gerilya Pamerkan Karya Keliling Kecamatan

Sejumlah pelajar mendatangi Pameran Lukisan bertajuk ‘Jenderal Gerilya’, di Pendopo Kecamatan Bukateja, Rabu (05/10/2022). (Foto: Amin Wahyudi)

Pameran lukisan hasil karya 15 pelukis Purbalingga hari ketiga, digelar di Pendopo Kecamatan Bukateja, Rabu (05/10/2022). Sesuai temanya ‘Gerilya Jenderal’, pameran ini berpindah lokasi setiap harinya. Tujuannya adalah memburu masyarakat, sehingga apa yang jadi harapan bisa tersampaikan.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua Umum Dewan Kesenian Purbalingga, Bowo Leksono menyampaikan, konsep pameran lukisan keliling ini bermaksud agar bisa mendatangi masyarakat. Khususnya para siswa yang ada di kecamatan-kecamatan, sehingga tidak hanya terpusat di kota.

Sebab menurutnya, pameran ini bukan hanya memberikan pelajaran tentang seni kepada para siswa. Akan tetapi, ada pelajaran sejarah perjuangan Jenderal Soedirman.

“Tema Jenderal Gerilya memiliki maksud untuk mempopulerkan Purbalingga sebagai Bumi Soedirman. Foto-foto yang dipajang, tentang aktifitas Jenderal Soedirman yang telah direstorasi menjadi obyek bagi para pelukis,” katanya, Rabu siang.

Menurut Bowo, pameran ini merupakan langkah awal. Harapannya bisa menjadikan agenda rutin tahunan. Jika saat ini ada 15 pelukis, tahun-tahun berikutnya bisa melibatkan lebih banyak lagi. Pameran lukisan ini juga diharapkan mendapat apresiasi dari masyarakat khususnya para pelajar di Kabupaten Purbalingga.

”Kami menganggap ini pra pameran dan puncaknya adalah Ketika diapresiasi oleh masyarakat,” kata Bowo.

Berita Terpopuler

Berita Terkini