Jumat, 9 Desember 2022

Mesin TOB Mulai Berfungsi Hari Ini, Pembayaran Bus Trans Banyumas Lebih Cepat

Mesin TOB Bus Trans Banyumas mulai hari ini, Senin (21/11/2022) sudah dioperasikan. (Dok Dishub Bms)

Setelah sempat mengalami kemunduran, hari ini mesin Tap On Bus (TOB) pada Bus Trans Banyumas sudah terpasang dan bisa merekam pembayaran. Sebanyak 52 Bus Trans Banyumas sudah dilengkapi TOB dan dipastikan mempercepat waktu pembayaran.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Taryono ST, MPA mengatakan, mulai hari ini, Senin (21/11/2022), semua mesin TOB sudah terpasang, sehingga Bus Trans Banyumas bisa menerima pembayaran dengan metode TOB dan Qris.

“Sejak tadi pagi pukul 05.00 WIB, Bus Trans Banyumas mulai menerima pembayaran dengan kartu non tunai [Brizzi, TapCash, Flazh, Emoney Bank Mandiri baru BISA di K1 dan beberapa bus di K2 dan K3], Kami juga masih bisa menerima pembayaran dengan dompet digital (Qris, Gopay, Ovo, Dana, Link Aja ShoppePay, dan sejenisnya),” terangnya.

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dishub Banyumas, Taryono ST.MPA.(Hermiana E.Effendi/Serayunews)

Pembayaran cashless ini sebenarnya sudah dimulai pasca satu minggu pemberlakuan tarif, hanya saja mulai hari ini sudah dilengkapi juga dengan mesin TOB yang sudah bisa difungsikan.

Lebih lanjut Taryono menjelaskan, untuk anak-anak dan pelajar serta lansia, di atas 60 tahun dan penyandang disabilitas masih gratis. Hingga akhir tahun ini. Pelajar hanya perlu menunjukkan kartu pelajar ataupun mengenakan seragam sekolah dan lansia menunjukkan e-KTP untuk bisa naik bus gratis.

“Tapping Rp0, kami akan memberikan barcode khusus untuk yang gratis dan tiket berlaku untuk satu kali transit,” jelasnya.

Taryono berharap, dengan beroperasinya mesin TOB ini, pelayanan Bus Trans Banyumas meningkat dan load faktor meningkat. Sebab, selain ongkos lebih murah, pengoperasian Bus Trans Banyumas juga dimaksudkan untuk mengurangi polusi dan kemacetan.

“Mari kembali ke angkutan umum untuk mewujudkam lalu lintas yang berkeselamatan, mengurangi polusi, kemacetan serta menghemat BBM. Bus Trans Banyumas Ada Untuk Anda..Ayo Naik Bus” pesannya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini