Minggu, 27 November 2022

Pakai Alat Pelindung Diri Petugas KPPS Jalan Keliling Kampung Menuju Pemilih yang Terpapar Covid-19

Warga Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga yang sedang menjalani karantina mandiri di rumah tetap bisa menggunakan hak suaranya. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membawakan peralatan ke rumah-rumah warga yang terpapar Corona. Mereka didampingi dua saksi dan satu linmas, petugas KPPS menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap berjalan kaki keliling kampung.


Purbalingga, Serayunews.com

Sekretariat PPS Desa Karanggambas, Warsito mengatakan, sedikitnya ada 43 warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Jumlah tersebut tersebar di delapan TPS desa setempat.

“Kami jemput bola mendatangi rumah rumah warga, aturannya menang seperti itu. Untuk mengurangi kontak langsung dengan warga lain, dan ini juga upaya memutus persebaran virus covid 19,” katanya.

Petugas berjalan dari satu rumah ke rumah lain. Mereka membawa bilik coblosan, dan logistik lainnya. Sesampainya di rumah yang dituju, petugas memanggil pemilik rumah. Setelah penghuni keluar, petugas memberikan logistik. Selanjutnya petugas mundur beberapa meter.

“Pemilik rumah mencoblos di dalam rumah, setelah selesai keluar. Usai mencoblos, surat suara ditampung di kantung plastik hitam yang dibawa petugas. Sarung tangan dan paku ditinggal di rumah pasien tanpa penetesan tinta di jari pasien,” katanya.

Sebelum menyambangi rumah pasien lain, petugas berhazmat disemprot cairan disinfektan untuk antisipasi bilamana membawa virus dari pasien. Ritme seperti sebelumnya dilakukan di setiap rumah.

Berita Terpopuler

Berita Terkini