Kamis, 7 Juli 2022

Pameran Gambar “Klangenan” Digelar di Bioskop Misbar Purbalingga, Catat Jadwalnya

pameran gambar klangenan
Pameran Gambar “Klangenan” Digelar di Bioskop Misbar Purbalingga, Catat Jadwalnya

Kelompok Peluk & Kiss akan menggelar Pameran Gambar bertajuk “Klangenan” di Bioskop Misbar, kompleks Taman Kota Usman Janatin, Purbalingga, Perhelatan dilasanakan mulai Sabtu (28/5/2022) hingga Selasa (31/5/2022). Acara tersebut bertepatan dengan peringatan Bulan Menggambar Nasional yang jatuh pada bulan Mei.


Purbalingga, serayunews.com

Koordinator pameran sekaligus Pimpinan Peluk & Kiss Wendro Tanjung, Selasa (24/5/2022) menyampaikan dia memilih tema “Klangenan” yaitu sesuatu yang menjadi kesenangan.

“Klangenan menggambar merupakan kesenangan terhadap karya gambar yang tidak bisa lepas dari peristiwa dan proses,” tutur alumni Seni Rupa UNS Surakarta.

Baca juga  Kurir Narkoba Bawa Sabu Senilai Rp10 Juta di Kroya Cilacap, Kemudian Dibekuk BNN

Terdapat 15 peserta pameran dengan 30 karya drawing, baik yang berangkat dari komunitas maupun personal, yaitu Aan Cepet, Andi Wahyudi, Bowo Leksono, El Permana, Hezzel, Melia T Pamungkas, Mutin Sodiqiyah, Kukuh Winartono, Pramono Endar, Siska Putri Rahmawati, Sondel, Suratno Amru, Trisnanto Budidoyo, Wendro Tanjung, dan Yuli Hartono.

Menurut salah satu peserta, Siska Putri Rahmawati, pameran perdananya ini merupakan kesempatan sekaligus tantangan.

“Kesempatan belajar seni rupa di luar sekolah dan tantangan karena karya saya akan diapresiasi orang lain,” ujar siswi kelas X SMA Negeri Bobotsari Purbalingga.

Baca juga  Tak Hanya Cantik, Sosok Bupati Purbalingga Ini Juga Punya Sederet Prestasi

Pembukaan pameran digelar Sabtu (28/5/2022) pukul 20.00. Hari kedua, Minggu (29/5/2022) pukul 09.00 diadakan pelatihan menggambar yang terbuka bagi anak-anak Purbalingga. Sementara bedah karya peserta pameran pada Senin (30/5/2022).

“Tantangan bagi perupa itu bagaimana agar karya yang dihasilkan tidak sekedar menghadirkan citra yang berlebihan, akan tetapi bagaimana khalayak mampu mengapresiasi dan memunculkan rasa sesuai dengan gambaran mereka sendiri,” tutur Yaksa Agus, kurator pameran gambar “Klangenan” dari Yogyakarta.

Pameran gambar pada Bulan Menggambar tahun ini diselenggarakan serentak oleh 250 komunitas se-Indonesia. Penyelenggaraan di Purbalingga sendiri selain dikarenakan kemunculan perupa-perupa muda. Ajang ini diharapkan bisa menjadi wahana aktualisasi mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini