Kamis, 6 Oktober 2022

Pasang Cincin Akik di Ibu Jari Hingga Bengkak dan Berdarah, Warga Nusawungu Lapor Damkar, Begini Ceritanya

Pemadam kebakaran cilacap
Petugas Damkar saat pemotongan cincin di ibu jari, Rabu (20/7/2022). (Dok UPT Damkar Cilacap)

Jangan coba-coba memasukkan cincin berdiameter kecil ke ibu jari, karena pastinya akan sulit melepasnya dan bisa berakibat fatal. Seperti di Nusawungu Cilacap, ada seorang warga yang kesulitan melepas cincin di ibu jarinya. Bahkan sempat berdarah dan bengkak saat coba melepas sendiri namun gagal, hingga akhirnya minta pertolongan ke Damkar.


Nusawungu, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi memberikan keterangannya. Ia mengatakan, bahwa awalnya S (35) asal Desa Danasri Kidul Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, mendatangi Pos Damkar Kroya pada Selasa malam (19/7). Saat itu, kondisi ibu jari kiri yang sudah bengkak dan berdarah.

“Pada saat itu dalam kondisi berdarah dan bengkak karena sebelumnya telah ada tindakan mandiri oleh korban namun gagal,” ujar Supriyadi, Rabu (20/7/2022).

Rupanya warga Nusawungu tersebut tengah kesulitan melepas cincin. S kemudian sempat mendatangi puskesmas namun disarankan ke Pos Damkar Kroya.

“Awalnya korban inisiatif untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat (Puskesmas Nusawungu 1).  Namun oleh petugas di Puskesmas agar melapor ke Pos Damkar Kroya,” ujarnya.

Cincin akik
Kondisi ibu jari korban bengkak dan berdarah, Rabu (20/7/2022). (Dok UPT Damkar Cilacap)

Selanjutnya korban mendapat penanganan dari petugas Pos Damkar Kroya. Evakuasi pemotongan cincin dengan diameter satu sentimeter itu menggunakan gerinda mini secara hati-hati. Sebab, kondisi ibu jari yang sudah terluka dan bengkak.

“Cincin bisa lepas setelah pemotongan dengan gerinda mini, evakuasi pemotongan cincin berlangsung hingga pukul 20.30 WIB tanpa ada kendala,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini