Senin, 30 Januari 2023

Pasca Kecelakaan, Perlintasan Jalan Kawi ditutup?

Ilustrasi : Perlintasan tak dijaga di jalan Perkutut dan Jalan Malabar ditutup beberapa waktu yang lalu.

CILACAP,SERAYUNEWS.COM – Rencana penutupan jalan Kawi pasca kecelakaan yang terjadi beberapa waktu yang lalu, menjadi perbincangan hangat para netizen. Sebuah surat pemberitahuan penutupan jalan Kawi dari PT KAI yang ditujukan kepada Lurah Sidanegara, mengawali perdebatan netizen. Dalam surat tersebut, rencana penutupan perlintasan kereta di jalan Kawi akan dilakukan pada Rabu 11 April 2018.

Baca : Ringsek!! Mobil Innova Tersambar Kereta di Jalan Kawi

Surat penutupan itu, dibagikan Ryan Elemathic pada 6 April di salah satu grup facebook dengan pertanyaan. “Dapat dari teman saya di WA apakah benar mau ditutup total?”

Surat Rencana Penutupan beredar di Media Sosial

Jalan Kawi menghubungungkan jalan Kendeng dan Jalan Gatot Soebroto. Jalan lain menuju Gatot Soebroto, melalui jalan Flores yang berjarak sekitar dua kilometer dari jalan Kawi. Rute alternatif lain, melalui jalan Rinjani perlintasan jalan Tidar kemudian jalan Lawu.

Dari perbincangan itu, sebagian besar netizen keberatan dengan penutupan perlintasan jalan Kawi. Beberapa komentar netizen yang keberatan perlintasan kereta di jalan Kawi ditutup diantaranya

Soca Priyadi : “Hanya satu korban.Tapi merugikan banyak orang. Kenapa mesti ditutup. Kenapa orang nya yg tdk mau hati2. Kasihan masyarakat sekitar kl ditutup jalannya.
Salahnya sendiri tdk hati2 nyeberang rell”
Demagogical-deddy Rezpector Continued : “ora dadilah kuwe kan termasuk dalan rame masa ditutup total. haruze y digawe palang pintu truz ana sing jaga be wiz cukup.
deneng kaya pos pintu kesugihan cuma karo pring tapi dijaga y aman.
Imma : Melasi akeh bocah sekolah lewat kono jane, mutere dadi adoh bgt nggo meng cerme berarti.
Adelia Calista Novie : “Ko y nek ana wong ninggal arep dikubur nang rwpasung mutere adoh bgt ya? Apa ora isa dinei pintu bae kya nang flores pa lawu?”
Daniel Novianto “Bener bgt kie gara* wong siji sekarepe dewek nyusahna wong lia?” save jl kawi,penutupan bkn solusi”

Namun, tidak sedikit yang mendukung penutupan jalan Kawi dengan alasan keselamatan. Sebagian lainnya mengharapkan solusi dari pemerintah agar perlintasan kereta di jalan Kawi dipasang palang pintu.

Rinaldi Pamungkas : “Setuju!!, tutup kabeh sisan sing ora berpalang pintu, lebih baik memutar jauh sedikit dr pada harus mengorbankan orang lain demi kepentingan diri sendiri.”
Tini Sucipto : “Nek ditutup malah dadi ra akeh sg nglawan arus.soale wong pd ngarah kepenake.mentu kan jln kawi rep meng cereme pd males muter.dadi belok kanan nglawan arus.mulane nek esuk kadang ana polisi jaga ng cereme.itu kan membahayakan kabean lur”
Xoni Cin : “Perkutut timur ditutup juga tp masyarakatnya santai aja. Demi keselamatan dibanding kecelakaan terus. Lebih baik bijaksana terima saja hehe”
Michell Lahm: Harus ada alternatif…gawe trowongan go jln atau jembatan layang kudune

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak Januari 2018 PT KAI mulai menutup sejumlah perlintasan liar atau tidak dijaga. Di Cilacap yang termasuk wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, beberapa perlintasan yang telah ditutup diantaranya,  Perkutut Timur, Duren dan Jalan Merapi dan beberapa perlintasan lainnya di Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan.

Baca : Ingat! Perlintasan Liar Kereta di Jalan Duren Sudah ditutup

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko membenarkan rencana penutupan di jalan Kawi Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah.

Ixfan menjelaskan, sesuai Undang Undang no 23 tahun 2007 setiap pembukaan perlintasan sebidang itu harus ada ijin dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Masih menurut undang undang tersebut, setiap perlintasan tanpa ijin harus ditutup dan penutupan dilakukan oleh pemberi ijin.

“Disini PT KAI Daop 5 hanya melakukan normalisasi jalur KA yang tadinya oleh warga dibuat penguatan paving atau beton disekitar rel, sehingga menyulitkan perawatan pada rel dan tubuh ban,” jelasnya kepada serayunews.

Selain itu, kata dia, telah banyak kejadian adanya kendaraan bermotor melintas di perlintasan tak terjaga dan tanpa ijin. Hal tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia termasuk kerugian sarana Kereta Api yang nilainya tidak sedikit. Sampai dengan februari 2018 terhitung total sebanyak 300 an Perlintasan.

Untuk tindak lanjut kegiatan di Daop 5 yaitu target sebanyak 49 perlintasan, terealisasi sebanyak 25 perlintasan.

“Masih ingat dibenak kita kejadian jl. Kawi, dan kemarin di wilayah Madiun trailer nabrak Kereta Sancaka masinis meninggal dunia asiste masinis luka berat, penumpang terlantar. Hal hal seperti itu yang kita antisipasi,” ungkapnya.

Ixfan menambahkan, apabila warga sekitar berkeberatan dengan penutupan perlintasan kereta di jalan Kawi, maka bisa menyampakan ke pemerintah setempat. Pasalnya, pembuatan palang pintu bukan kewenangan dari PT KAI. Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana peraturan perundang undangan, dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

“Masyarakat yang berkeberatan silahkan menyampaikan ke Pemda, munkin ke kelurahan kemudian disampaikan ke instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Menanggapi persoalan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo menyatakan akan mencari jalan keluar. Misalnya, menyiapkan penjaga lintasan apabila jalan tersebut sudah ramai dilalui kendaraan.

“Kita cari solusinya nanti. Misalnya masyarakat bisa itu menyiapkan (penjaga perlintasan) kalau Pemkab belum ada dana untuk membayar penjaga,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini