Sabtu, 29 Januari 2022

Pelaku UMKM di Gumelem Dibekali Roadmap Laporan Keuangan

STIE Tamansiswa Banjarnegara melakukan pelatihan roadmap laporan keuangan sederhana bagi UMKM. (Maula)

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, STIE Tamansiswa Banjarnegara melakukan pelatihan roadmap laporan keuangan sederhana bagi UMKM.


Banjarnegara, serayunews.com

Pelatihan roadmas laporan keuangan bagi UMKM ini sengaja dilakukan agar para pelaku usaha kecil menengah ini mengetahui secara pasti pergerakan keuangan serta modal usaha dan perkembangan usahanya. Sehingga mereka bisa menganalisis pertumbuhan usaha yang dilakukannya.

Dosen pembimbing lapangan STIE Tamansiswa Banjarnegara Gonimah Zumroatun Ainiyah mengatakan, kegiatan yang merupakan rangkaian pengabdian mahasiswa kampus STIE Tamansiswa Banjarnegara dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik. Langkah ini diharapkan mampu menjadikan inovasi serta proses pengembangan UMKM dari sisi akses keuangan.

Baca juga  Pemotor di Banjarnegara yang Masih Nekat Pakai Knalpot Brong, Siap-siap Dipenjara Sebulan

“Harus diakui, saat ini banyak UMKM yang tidak memahami manfaat laporan keuangan, padahal UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi. Sehingga dapat menjadi penopang stabilitas sistem keuangan perekonomian,” katanya.

Selama ini, perkembangan UMKM di Banjarnegara masih mengalami banyak kendala, termasuk masalah akses keuangan. Melalui kegiatan ini, dia berharap mampu menghasilkan laporan keuangan yang menjadi alat utama menilai kelayakan kredit serta mengetahui besaran laba bersih setiap akhir bulan, dan yang terpenting adalah menjalankan usaha dengan mengatur sistem keuangan menjadi lebih baik.

Adanya pelatihan laporan keuangan bagi UMKM ini tentu akan memperikan dampak positif bagi perkembangan UMKM. Untuk itu Kepala Desa Gumelem Wetan Cartun mengharapkan para pelaku UMKM di wilayahnya benar-benar bisa menyerap dan menerapkan sistem laporan keuangan ini.

Baca juga  Catat! Bakal Ada Jalan Tol, Cilacap - Bandung Hanya 3 Jam 

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, kami menjadi paham dan mengerti tentang arti penting pelaporan keuangan, sehingga dalam proses pelaksanaan usaha tidak rancu atau asal asalan,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini