Kamis, 20 Januari 2022

Pelukis Suhadi Gembot Gelar Pameran Tunggal 

Suhadi. (Irfan)

Pelukis Suhadi bakal menggelar pameran tunggal di Galeri Murni Jalan Perintis Kemerdekaan Cilacap pada 8 hingga 10 Januari 2021. Dalam pameran bertajuk ‘Bergembira Ria’ itu, Suhadi akan menampilkan sebanyak tujuh belas karyanya.


Cilacap, Serayunews.com

Uniknya, acara ini akan dibuka dengan prosesi membasuh kedua kaki dari ibu sang pelukis. Hal itu sebagai ungkapan rasa terima kasih Suhadi kepada sang ibu karena telah membesarkannya. Selain itu, Suhadi juga ingin menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan.

Baca juga  Catat, Minggu Seru! Ada Motocross di Hutan Pasinggangan Banyumas

Mengingat, sebagai seniman sekaligus orang Jawa, dirinya memiliki tanggung jawab besar dalam hal kelestarian budaya leluhur. Sedangkan tujuan dari tema ‘Bergembira Ria’ ini, sebagai cara Suhadi menyebarkan kegembiraan kepada masyarakat luas.

“Pameran ini bukan hanya sekadar memamerkan lukisan saja, namun ada nilai-nilai yang dapat diambil untuk pembelajaran. Seperti berdamai dengan diri sendiri, karena adanya pandemi yang tak menentu,” kata Suhadi kepada serayunews.com, Jumat (7/1/2022).

Dengan adanya pameran ini, ia berharap dapat membangkitkan gairah seni rupa di Cilacap. Atau minimal masyarakat dapat melihat berbagai karya yang selama ini menjadi ciri khasnya dalam melukis. Misalnya gambar karakter manusia yang hampir selalu mirip dengan wayang.

Baca juga  Forpis Banjarnegara Jangan Sekadar Formalitas

“Saya menggunakan media akrilik di atas kanvas, sedangkan tema lukisannya kebanyakan mengambil dari budaya jawa serta aktivitas keseharian yang jenaka. Seperti diambung sinden, nonton balapan tengu, dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Nah bagi Anda yang berminat dan penasaran, dapat melihat langsung pameran tersebut di Galeri Murni Cilacap mulai Sabtu (8/1/2022) hingga Senin (10/1/2022), dengan mematuhi protokol kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini